Kapolri Manfaatkan AI Untuk Tingkatkan Pelayanan Publik


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ingin meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, oleh karena itu Kapolri meresmikan aplikasi Binmas Online System Versi 2 (BOS V2).

"Ini adalah sistem aplikasi yang kita siapkan untuk memperbaiki pelayanan kepolisian agar bisa semakin optimal dan baik," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam keterangannya, Kamis (6/5).

Dilansir dari Medcom, Listyo menambahkan BOS V2 dapat dimanfaatkan oleh pihak internal dan eksternal. Pihak internal yaitu jajaran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di desa. Mereka bisa membuat laporan ihwal situasi keamanan di wilayahnya.

 Selain itu, pihak eksternal meliputi masyarakat untuk mengakses pelayanan kepolisian. Aplikasi tersebut nantinya akan digagas Badan Pemelihara Keamanan Polti terintegrasi lintas kementerian/lembaga dan institusi.

Laporan tersebut akan terhubung ke sistem big data di Mabes Polri. Informasi dari Bhabinkamtibmas bisa menjadi acuan memprediksi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Prediksi-prediksi memanfaatkan artificial intelligence. Ini mendukung program serta layanan kepolisian yang prediktif," tambah Listyo.

Listyo menjelaskan bahwa aplikasi BOS V2 bisa berinteraksi bagi yang memerlukan informasi atau pelayanan dan bisa melapor ke aplikasi tersebut. Listyo berharap program ini dapat meningkatkan kinerja Polri dan memudahkan masyarakat tanpa perlu repot hadir ke kantor polisi.