Kawal Bisnis Makanan, Kawn Pos Gunakan Pendekatan Big Data


Big Data

Ilustrasi Big Data

Kawn Pos yang merupakan aplikasi kasir daring dan merupakan produk teknologi untuk bidang Food and Beverages (F&B) atau makanan dan minuman di bawah naungan PT Indosterling Technomedia Tbk memiliki misi untuk dapat menciptakan ekosistem digital terbesar di Indonesia, terutama dalam sektor bisnis F&B.

Maka untuk melakukan hal tersebut, Kawn Pos pun melakukan pendekatan dengan teknologi big data. Sejak kemunculan istilah big data pada tahun 2011 lalu, banyak perhatian yang muncul dari para pemerhati dan praktisi di bidang teknologi informasi. Jika dicermati, big data bahkan kini telah banyak digunakan oleh perusahaan berskala nasional dan internasional.

Aplikasi kasir Kawn sendiri selalu mengedepankan penggunaan big data dalam operasionalnya. Hal ini dikarenakan big data dimanfaatkan sebagai rujukan informasi untuk proses pengembangan aplikasi maupun fitur-fitur terbaru.

“Kami selalu menggunakan pendekatan big data sebagai rujukan dalam proses pengembangan aplikasi, tentunya dengan pendekatan ini besar harapan kami hasil pengembangan baik dari segi aplikasi maupun fitur dapat menjadi solusi terbaik untuk masalah yang timbul di kegiatan bisnis sehari-hari,” tutur Direktur Kawn Pos, Yoas dalam keterangannya, Rabu (28/7/2021).

Yoas menjelaskan, pendekatan big data yang dilakukan oleh aplikasi Kawn mengenai pengembangan aplikasi ataupun fitur adalah ketika melakukan pengambilan keputusan mengenai fitur apa yang perlu dikembangkan, sesuai dengan data trafik pengguna aplikasi. Sebagai contoh, adalah fitur manajemen stok atau inventori.

Menurut Yoas, hal ini dikarenakan fitur manajemen stok memungkinkan pebisnis F&B untuk mengelola, memindahkan, serta menentukan masa kadaluarsa dari stok bahan baku produk. Fitur ini pun memegang fungsi vital karena juga berpengaruh pada besaran biaya produksi dan penentuan harga jual.

Selain itu, Yoas juga menyampaikan bahwa dengan melihat adanya trafik tinggi penggunaan fitur manajemen stok maka bisa didapatkan masukan untuk manajemen Kawn. Manajemen pun bisa memfokuskan diri untuk pengembangan fitur agar lebih canggih dan memudahkan pengguna.

“Aplikasi kasir online Kawn merupakan sebuah terobosan di dunia teknologi digital yang senantiasa terus berusaha memberikan nilai tambah bagi pengembangan bisnis bidang F&B. Kami merasa bangga dapat memberikan solusi nyata bagi segala permasalahan F&B dan senantiasa mendengarkan kebutuhan pelanggan kami dengan terbuka,” pungkas Yoas.


Bagikan artikel ini