Kembangkan Robot 5G, Naver Kerjasama dengan KT dan Intel


Robot 5G Naver

Ilustrasi Robot 5G Naver

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, Naver sebagai salah satu mesin pencari dan portal internet yang dominan di Korea Selatan (Korsel), akan mengembangkan teknologi robot yang berkemampuan 5G melalui kerjasama dengan perusahaan raksasa telekomunikasi Korsel, KT Corp dan perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS), Intel.

Kutipan yang didapat dari kantor berita Yonhap, Jumat (1/3/2019) menjelaskan bahwa dengan kerjasama ini dapat memungkinkan Naver Labs (anak perusahaan Naver) menggunakan solusi komputasi Intel yang berdasarkan jaringan komunikasi 5G punyanya KT. Dalam kerjasama tersebut, pihak perusahaan telah menandatangani perjanjiannya dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2019, yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

"Komersialisasi teknologi 5G akan menciptakan peluang bisnis baru, dan pabrik pintar serta robot layanan merupakan salah satu contohnya," ujar Kwon Myeong-sook sebagai Presiden Intel Korea.

Untuk jaringan yang digunakan robot, KT Corp akan menyediakan infrastruktur Edge Cloud dengan menggunakan jaringan 5G sehingga berfungsi sebagai dasar bagi robot layanan dalam mengirim dan menerima data. Robot tersebut juga akan menggunakan sensor dari Intel.

Platform Naver Cloud NBP akan memainkan peran utama untuk otak dari robot self-driving brainless service. Selain itu, KT menghubungkan robot dan layanan komputasi awannya ke jaringan telekomunikasi 5G, meletakkan dasar bagi robot layanan untuk mengirim dan menerima data secara real-time dengan latensi sangat rendah.

Naver mendemostrasikan kehebatan teknologi nya dengan merilis 5G Brainless Service Robot dan Around G, sebuah augmented reality (AR) indoor self-propelled robot yang dikembangkan oleh Naver Labs, antara lain di CES 2019 yang diadakan di Las Vegas, AS pada bulan Januari.

Dengan begitu, kerjasama ini dapat membuat kemajuan teknologi yang ada pada perusahaan Naver dalam hal layanan dengan menggunakan robot.

"KT berharap untuk memimpin industri global dengan menggabungkan jaringan komersial 5G kami dan infrastruktur Edge Cloud dengan teknologi canggih dari Naver dan Intel," jelas Lee Yong-Gyoo sebagai pejabat KT.