Kemenhub Manfaatkan IoT untuk Rute Bus Gratis di Yogyakarta


Ilustrasi Internet of Things

Ilustrasi Internet of Things (IoT)

Kementerian Perhubungan memperkenalkan layanan Teman Bus di Yogyakarta. Layanan ini gratis hingga 31 Desember 2020 dan terkoneksi beberapa wilayah di Yogyakarta seperti Pusat Kuliner Belut Godean, Pasar pakem, dan Bandara Adi Sucipto.

Layanan Teman Bus merupakan implementasi Program Buy The Service Kemenhub dalam menunjang mobilisasi masyarakat dengan mode bus medium berkapasitas 40 penumpang. Kemenhub bekerja sama dengan Trans Jogja sebagai operator menjalankan skema pembelian layanan bersubsidi ini.

Fasilitas Teman Bus dibekali dengan peralatan canggih Internet of Things (IoT) seperti CCTV, reader kartu non tunai, sensor penghitung jumlah penumpang, sensor alarm pada pengemudi untuk mendeteksi jika ada pelanggaran pengemudi, dan keluar jalur yang kemudian sistem membunyikan alarm dan mengirim informasi ke Command Center secara realtime.

“Program Teman Bus telah mencapai lebih dari satu juta perjalanan pelanggan penumpang khusus di kota Yogyakarta. Kami optimis dengan hadirnya moda transportasi yang aman dan nyaman seperti ini, diharapkan lebih banyak penumpang dari masyarakat yang beralih ke moda transportasi publik, yang saat ini masih gratis,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi dalam keterengan yang dikutip dari detik.com, Rabu (9/12).

Budi menargetkan program ini akan hadir di 10 kota seluruh Indonesia dengan tambahan kota Makasar, Banjarmasin, Bandung, Surabaya, dan Banyumas sampai tahun 2021 berharap program Buy The Service di lima wilayah sudah direncanakan dan dapat dikembangkan di kota lainnya tahun depan.

Dikarenakan beroperasi pasca pandemi maka diterapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan penumpang bus menggunakan masker, social distancing, mengurangi kapasitas  kendaraan menjadi 50%, dan menyediakan hand sanitizer di setiap bus.

Teman Bus dilengkapi dengan aplikasi mobile untuk memudahkan penumpang mendapatkan informasi rute, titik halte dan jadwal keberangkatan bus. Aplikasi Teman Bus kini dapat diunduh di Appstore dan Playstore.

Apabila ingin menaiki Teman Bus, cara yang diperlukan cukup mudah yakni membuka aplikasi Teman Busa, tunggu di halte terdekat dari posisi penumpang yang muncul di aplikasi, siapkan e-money atau kartu non tunai, naik bus sesuai tujuan, lalu tempelkan kartu non tunai pada perangkat reader.


Bagikan artikel ini