Kominfo Bersama Asioti Dorong Potensi Penerapan Teknologi IoT


IOT

Ilustrasi IOT

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong penerapan potensi teknologi internet of things (IoT). Menggandeng Asosiasi IoT Indonesia (Asioti), Kementerian Kominfo menantang inovator untuk menciptakan solusi berbasis IoT lewat Indonesia Smart Solutions Summit (ISSS) 2023.

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ismail menyatakan, lima tahun terakhir, Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun ekosistem IoT di Indonesia. "Kominfo mendorong upaya pengembangan ekosistem IoT di Indonesia selama lima tahun ini," katanya, dalam siaran pers, Kamis (27/7). 

Menurut Ismail, Indonesia Smart Solutions Summit 2023 merupakan langkah  mempercepat pertumbuhan ekosistem IoT  di era digital. "Diharapkan produk-produk berbasis teknologi karya anak bangsa dapat terus tercipta dan berkembang serta mampu bersaing secara global,” ungkapnya.

Ketua Umum Asioti, Teguh Prasetya menyatakan, ISSS menghadirkan seluruh stakeholder bersama ekosistem IoT untuk membawa adopsi solusi pintar berbasis IoT, cloud dan artificial intelligence(AIoT). "Lebih dalam lagi guna menjadi bagian dari solusi keseharian kegiatan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Selama ini pengembangan IoT dimulai dari fokus pada pengenalan, sosialisasi dan edukasi di tahun pertama, ditingkatkan dengan kompetisi dan pembuatan standarisasi untuk level pemula hingga engineer IoT, ISSS 2023 akan berlangsung pada tanggal 1 November 2023. ISSS merupakan forum bersama untuk mendorong pengembangan dan implementasi teknologi IoT yang terintegrasi dengan AI solusi pintar di berbagai bidang. Seperti  ritel (smart home, building dan warehouse), kesehatan (healthcare dan wearable devices), transportasi serta logistik.

 


Bagikan artikel ini