Killbot, Layanan Berbasis AI Karya Amikom Yogyakarta yang Berhasil Ukir Prestasi


Artificial Intelligence Industri

Ilustrasi Industri Artificial Intelligence

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award 2020 kembali digelar. Acara yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI ini merupakan ajang tahunan kompetisi kewirausahaan bagi mahasiswa seluruh Indonesia. Startup dari Universitas Amikom Yogyakarta meraih juara harapan pada kompetisi ini.

Tim yang dipimpin oleh Imam Kusniadi ini memperoleh prestasi dengan menggagas layanan bernama Killbot. Killbot merupakan layanan yang dapat membantu melindungi platform bisnis digital dari risiko keamanan siber. Layanan ini pun telah sukses mendapatkan 417 pengguna dengan lebih dari 150 diantaranya adalah pengguna aktif.

Selama beroperasi dalam mode beta di dua bulan terakhir, Killbot telah mendapatkan lebih dari 145 transaksi dan meraih keuntungan bersih lebih dari Rp 40 juta, walaupun baru didirikan pada 29 Juni 2020.

Killbot adalah layanan yang menyediakan pertahanan bot komprehensif untuk aplikasi web, situs web, HTML5, aplikasi seluler, serta API. Layanan Killbot juga melakukan deteksi wajah sebagai protokol keamanan secara offline ataupun online.

Killbot juga secara efektif mengurangi risiko yang disebabkan oleh kerentanan tertentu. Pengguna layanan Killbot bisa menggunakannya dalam skenario flight seating occupancy, online scalping, user enumeration, dan core API exploitation.

Selain itu, layanan ini juga menjadi solusi platform as a service (PaaS) yang berbasis teknologi reverse proxy. Hal ini memungkinkan Killbot untuk menentukan perlindungan khusus untuk mengidentifikasi dan mengontrol lalu lintas yang berbahaya dalam jaringan.

Layanan Killbot pun emnggunakan teknologi artificial intelligence (AI) dan menerapkan NLP serta Computer Vision. Hal ini guna membantu layanan untuk menjadi solusi keamanan siber bagi platform bisnis digital.

“Semoga bisnis startup tersebut terus berkembang dan dapat membantu UMKM, instansi pemerintah dan swasta dalam melindungi aset digital dari serangan peretas, membuka peluang kerja baru, dan menginspirasi mahasiswa lain,” tutur Suyatmi, Direktur Kemahasiswaan Amikom memberikan selamat, Jumat (11/12/2020).

Prestasi yang diraih dengan Killbot pun juga diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk berkarya dan berprestasi, selain harapan produk dapat digunakan secara luas dan berkembang lebih baik.