Manfaatkan Solusi Cloud Advertising, Kimia Farma Gandeng Digital DMMX


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

PT Kimia Farma Apotek yang merupakan anak perusahaan PT Kimia Farma Tbk (KAEF) mengumumkan rencananya untuk memanfaatkan solusi cloud advertising yang dikembangkan oleh PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX).

Melalui hubungan kemitraan untuk memanfaatkan layanan cloud untuk advertising ini, layar-layar cloud advertising akan dipasang di 1.200 gerai apotek Kimia Farma yang ada di seluruh Indonesia. Pemasangan layar untuk advertising ini pun diharapkan dapat selesai pada kuartal pertama tahun 2021.

Nurtjahjo Walujo Wibowo, Direktur Utama PT Kimia Farma Apoyel mengatakan bahwa kolaborasi dengan DMMX ini diharapkan mampu menghadirkan ekosistem pemasaran berbasis cloud advertising. Ekosistem tersebut berupa layar digital yang terintegrasi untuk PT Kimia Farma Apotek pada jaringan gerai-gerainya.

“Melalui solusi ini, kami akan mampu melakukan eksekusi konten-konten pemasaran yang lebih menarik dengan cepat, tepat, cerdas, dan terintegrasi yang tentunya bisa menjadi pondasi awal untuk pengembangan komunikasi pemasaran via teknologi digital ke depan,” kata Nurtjahjo, Selasa (5/1/2021).

Nurtjahjo pun mengharapkan keberadaan solusi berbasis cloud ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan yang mengunjungi apotek Kimia Farma, yaitu dengan melibatkan pelanggan pada tingkat yang lebih personal.

Selain itu, Nurtjahjo juga menuturkan bahwa solusi yang disediakan DMMX dapat membuka peluang untuk menciptakan pendapatan tambahan bagi Kimia Farma Apotek sehingga bisa memberi keuntungan masing-masing gerai dalam jangka panjang.

Maka dengan peluang tersebut, Nurtjahjo juga menyampaikan bahwa pihaknya akan terus menjelajahi kemungkinan-kemungkinan kerja sama dengan DMMX untuk mengintegrasikan keahlian mereka dengan proses bisnis yang berjalan sehari-hari.

“DMMX menghargai kesempatan bekerja sama dengan Kimia Farma Apotek dan menempatkan mereka di jajaran klien blue-chip kami yang terus berkembang. Kemitraan dengan Kimia Farma Apotek diterjemahkan sebagai tambahan untuk 1.200+ layar Infrastructure-as-a-service (IaaS) yang telah dibukukan untuk periode 2021,” tutur Budiasto Kusuma, Direktur Utama DMMX.

Budiasto juga mengaku puas dapat memperluas layanan bisnis DMMX di luar bisnis retail. Hal ini karena kerja sama dengan Kimia Farma Apotek menunjukkan jika solusi yang disediakan DMMX tidak hanya terbatas di sektor bisnis konvensional saja.

Inovasi yang terus dilakukan demi mengiringi berkembangnya bisnis advertising exchange hub tahun 2021 membuat Budiasto berharap DMMX dapat memberi nilai tambah yang lebih besar pada Kimia Farma Apotek, serta klien-klien lain yang memanfaatkan solusi dari DMMX.

Pada fase awal kemitraan DMMX dengan Kimia Farma, satu layar digital akan dipasang di masing-masing 1.200 gerai yang telah ditentukan. Seiring dengan perkembangan kemitraan, maka solusi DMMX berpotensi untuk disebarkan ke PT Kimia Farma Diagnostika, yang merupakan anak perusahaan Kimia farma Apotek dan bergerak di bidang klinik dan laboratorium klinis.