Layanan Cloud Computing Miliki Potensi Besar di Indonesia


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Indonesia diprediksi memiliki potensi besar menjadi penyedia layanan cloud computing. Head of Solution Architect ASEAN Amazon Web Service, Paul Chen, mengungkapkan sudah banyak perusahaan digital di Indonesia yang mengadopsi teknologi cloud dalam proses bisnisnya. salah satunya adalah aplikasi kesehatan HaloDoc.

Paul menyebut HaloDoc telah lama menggunakan layanan cloud pada aplikasi bikinannya. Secara spesifik, HaloDoc memanfaatkan layanan cloud untuk menghubungkan antara dokter dengan pasien melalui aplikasi.

"Perusahaan seperti HaloDoc telah mengadopsi layanan cloud di bidang kesehatan. Jadi, saya menganggap bahwa Indonesia sudah cukup dewasa dalam mengadopsi layanan cloud," ujar Paul yang dikutip dari Info Komputer.

menurut Paul, Indonesia merupakan negara yang terkenal akan sistem pertaniannya. hal ini diharapkan perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang ini agar kebih bisa memaksimalkan layanan cloud.

Amazon Web Services (AWS) berencana untuk membangun data center di Indonesia pada tahun 2021 ini. Pada 2018, AWS bahkan relah membuka kantor di Jakarta untuk mendukung basis pelanggan yang tumbuh cepat di seluruh Indonesia dan menciptakan pekerjaan baru di bidang teknologi di dalam negeri, seperti technical evangelist dan solution architect.