Lintasarta Cloudeka, Solusi Cloud untuk Dukung Operasional Bisnis


Cloud Product Manager Lintasarta Cloudeka Afif Paparkan Produk Cloud Cloudeka

Cloud Product Manager Lintasarta Cloudeka Afif Paparkan Produk Cloud Cloudeka

Teknologi cloud computing saat ini banyak digunakan oleh berbagai organisasi ataupun perusahaan untuk dapat mendukung operasional teknologi informasi mereka, terutama berkaitan dengan pengembangan sistem operasional bisnis.

Bahkan menurut data dari IDC, pasar cloud di Indonesia per tahun 2021 telah mencapai jumlah 6,5 triliun, yang tersebar di berbagai sektor industri seperti keuangan, rantai pasok, hingga pemerintah. Jumlah besar ini kemudian menunjukkan bagaimana cloud kini telah digunakan secara masif di Indonesia.

Maka untuk mendukung kebutuhan besar industri atas cloud, Lintasarta kemudian menghadirkan Lintasarta Cloudeka. Lintasarta Cloudeka merupakan solusi berbasis cloud yang dapat mendukung efisiensi operasional bagi industri.

“Lintasarta Cloudeka sudah berumur 10 tahun, dan telah memberikan layanan cloud di Indonesia untuk mendukung sistem teknologi informasi di Indonesia. Kami berangkat dari perusahaan data communication yang akhirnya menjadi ICT total solution, dan menjadi salah satu dari penyedia cloud karya anak bangsa nomor satu di Indonesia,” kata Cloud Product Manager Lintasarta Cloudeka Salsabil Afif Nasution dalam paparannya workshop Cloud Computing Indonesia Conference 2022 bertajuk ‘Introducing Lintasarta Cloudeka : DBaaS The Next as a Service of The Cloud’, Kamis (14/4/2022).

Afif melanjutkan, Lintasarta Cloudeka sebagai ICT total solution company kemudian dapat memberikan solusi teknologi yang lengkap. Lintasarta Cloudeka tidak hanya menghadirkan solusi cloud, tetapi juga terkait dengan keamanan, data communication, managed services, dan komponen-komponen lain yang mendukung terkait permasalahan teknologi informasi pelanggan.

Lintasarta Cloudeka pun telah memperoleh berbagai sertifikasi, seperti ISO 27001, serta berjalan di atas Tier III data center. Solusi cloud yang ditawarkan oleh Lintasarta Cloudeka terbagi atas tiga jenis, yaitu Infrastructure-as-a-Service (IaaS), Platform-as-a-Service (PaaS), dan Software-as-a-Service (SaaS).

Pada sisi IaaS, Afif menuturkan bahwa Lintasarta Cloudeka memiliki layanan public cloud Deka Flexi dan Deka Prime. Deka Flexi sendiri merupakan layanan cloud bersifat hyperscaler yang dapat diakses melalui satu service atau portal web. Sementara Deka Prime bersifat lebih spesifik dengan teknologi virtualisasi VMware yang mendukung integrasi layanan.

Sementara berkaitan dengan PaaS, Lintasarta Cloudeka telah menghadirkan produk terbaru Deka Database. Produk ini telah mendukung beberapa platform database seperti Mysql, Redis, Postgree, dan MariaDB. Layanan ini menawarkan akses dan cara yang mudah bagi pelanggan untuk implementasi dan pemasangan awal.

“Layanan yang dihadirkan PaaS DekaDB ini sudah termasuk monitoring, kontrol akses, dan backup terkait database itu sendiri. Layanan ini sudah termasuk dan dapat digunakan secara langsung melalui layanan service portal kami,” jelas Afif.

Afif kemudian memaparkan perbedaan layanan cloud yang dihadirkan Lintasarta Cloudeka dengan penyedia layanan lainnya. Cloudeka menawarkan bandwidth jaringan yang tidak terbatas, tidak termasuk network charge yang kemudian dapat mendukung pemanfaatan layanan secara maksimal tanpa memikirkan networks matter.

Cloudeka juga didukung dengan keuntungan pay per use atau pay per metric, serta menghadirkan ciri khas unggulan berupa one for all. Afif menyampaikan bahwa Cloudeka kemudian dapat menghadirkan layanan secara lengkap pada pelanggan selain cloud, seperti keamanan, manajemen, dan lainnya.

“Pembeda lain, kami memiliki layanan Security as a Service yang sifatnya organik. Organik berarti layanan ini merupakan milik Lintasarta sendiri, tidak menggunakan bantuan dari vendor lain. Jadi murni kami memiliki layanan Security as a Service yang terintegrasi dengan layanan cloud kami,” jelas Afif.

Selain itu, integrasi cloud dari Cloudeka dengan private network juga bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini karena Cloudeka juga merupakan penyedia layanan data komunikasi yang cukup baik di Indonesia. Cloudeka kemudian berharap dapat mendukung operasional bisnis yang efisien di Indonesia melalui layanan cloud terbaik yang dihadirkan.


Bagikan artikel ini