Logitech Bersama Tencent Games Luncurkan Konsol Gim Portabel untuk Mengakses Cloud Gaming


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Logitech bekerja sama dengan Tencent Games mengembangkan dan meluncurkan konsol gim portabel yang dirancang untuk mengakses layanan cloud gaming. Perangkat genggam akan memiliki perangkat keras dan kontrol khusus serta harus mendukung sebagian besar layanan gim yang dihosting dari jarak jauh. 

Logitech telah mengonfirmasi pihaknya bekerja dengan Tencent untuk membuat perangkat genggam yang mendukung Xbox Cloud Gaming dan layanan GeForce Now dari Nvidia. Selain itu, juga mengindikasikan keduanya berkolaborasi dengan Microsoft dan NVIDIA untuk menyempurnakan perangkat keras.

Sejauh ini, masih belum ada informasi resmi tentang perangkat keras, spesifikasi, tanggal rilis, atau harga perangkat game cloud genggam Logitech. Namun, perusahaan tampaknya yakin bahwa pengalaman selama puluhan tahun bekerja dengan produsen PC akan memberikan keunggulan dengan Tencent Games akan menjadi mitra operasi.

"Sebagai salah satu platform global terkemuka untuk pengembangan, penerbitan, dan operasi gim, Tencent Games telah menjadi yang terdepan dalam inovasi. Oleh karena itu, kami bermitra dengan mereka," kata Logitech dikutip dari Republika.

"Logitech G dan Tencent Games berbagi visi bersama tentang masa depan gim. Layanan cloud gaming menggunakan server pusat data untuk mengalirkan video gim ke konsumen. Tidak perlu mengunduh atau menginstal game PC atau konsol. Sebagai gantinya, gim dirender dan dimainkan di server jarak jauh dan pengguna berinteraksi dengannya secara lokal di perangkat mereka," tambahnya.

Logitech telah menyebarkan situs web khusus untuk konsol gim genggam misteri tempat para gamer dapat mendaftar untuk menerima pembaruan. Perusahaan telah mengindikasikan pihaknya dapat meluncurkan perangkat game cloud portabel akhir tahun ini.

Dilansir Neowin, Rabu (3/8/2022), cloud gaming telah tumbuh pesat. Raksasa teknologi seperti Microsoft, NVIDIA, Amazon, Google, dan lainnya, berfokus pada layanan ini. Ada beberapa perusahaan yang membuat PC genggam.

Di sisi lain, Logitech memiliki banyak pengalaman dalam mengembangkan perangkat keras yang berfokus pada permainan dan dioptimalkan untuk permainan. Oleh karena itu, perusahaan dapat menawarkan komputer portabel yang ergonomis sehingga para gamer dapat bermain gim dengan nyaman untuk waktu yang lama. 


Bagikan artikel ini