Majukan Pendidikan Sains dan Teknologi Indonesia, ITB Gandeng Oracle


Gedung Oracle

Ilustrasi Gedung Oracle

Institut Teknologi Bandung (ITB) memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan Oracle Fusion Cloud Applications Suite untuk mendukung misinya dalam memajukan pendidikan sains serta teknologi di Indonesia.

Memanfaatkan aplikasi Oracle Fusion, ITB dapat mengotomisasi proses keuangan dan rantai pasokannya untuk merampingkan proses bisnis serta meningkatkan kolaborasi pemasok dan meningkatkan pengalaman bagi mahasiswanya.

Aplikasi Oracle Fusion akan memungkinkan ITB untuk memanfaatkan rangkaian aplikasi yang terintegrasi dengan kemampuan pelaporan serta analitik tingkat lanjut. Selain itu, dengan Oracle Fusion Cloud Enterprise Resource Planning (ERP) ITB juga dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, serta meningkatkan kontrol dengan konsolidiasi arus kas dan transaksi.

Oracle Fusion Cloud Supply Chain Management (SCM) juga memungkinkan ITB untuk melakukan kolaborasi dan komunikasi secara lebih efektif dengan pemasok dan secara mudah melakukan transaksi bisnis melalui pertukaran kontrak elektronik, pesanan pembelian, faktur, serta dokumen untuk negosiasi.

“Visi ITB lima tahun ke depan adalah menjadi universitas terdepan yang dihormati dan dikenal secara global. Sebagai universitas nomor satu yang mengedepankan pendidikan sains, teknologi, teknik, dan matematika di Indonesia, kami ingin menjadi yang terdepan dalam merangkul semua hal digital, dengan mengurangi kerumitan melalui aplikasi Oracle Fusion yang canggih, kami dapat meningkatkan efisiensi proses internal kami dan pada saat yang sama mempertahankan fokus utama kami pada pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” kata Wakil Rektor ITB Ir. Muhammad Abduh dalam keterangan pers, Selasa (15/2/2021).

Sementara Iman Muhammad selaku Head of Applications Oracle Indonesia menuturkan bahwa pandemi COVID-19 saat ini telah mempengaruhi setiap industri dan mempercepat pergeseran ke arah digital. Ia juga menyampaikan bahwa Oracle sebagai satu-satunya penyedia rangkaian SaaS (Software-as-a-Service) aplikasi Oracle Fusion dapat membantu pelanggannya dengan baik.

“Aplikasi Oracle Fusion memebantu pelanggan merampingkan proses bisnis, merangkul inovasi serta menyesuaikan dan mengembangkan bisnis mereka. Gangguan kini semakin menjadi norma, suatu aplikasi suite yang terintegrasi penuh memungkinkan ITB untuk menciptakan satu sumber yang dapat diandalkan, dan dapat bereksperimen dengan inovasi dalam proses,” kata Iman.