Menhub Minta SDM untuk Perkuat Kompetensi IoT, AI, dan Big Data


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta seluruh sumber daya manusia (SDM) di bidang perhubungan untuk selalu meningkatkan kompetensi mereka guna menjaga daya saing di masa depan.

Salah satunya dilakukan dengan senantiasa melakukan penyesuaian diri terhadap perkembangan teknologi, termasuk di antaranya adalah menguasai teknologi internet of things (IoT), artificial intelligence (AI), big data, dan blockchain.

“Kita harus realistis bahwa saat ini pelaut di Indonesia belum maksimal jiwa kompetitifnya, karena itu kepada semua direktur, kepala badan, kita harus bekerja keras, menempuh pola-pola pendidikan yang spartan, yang meningkatkan kompetensi dan menanamkan kreativitas,” kata Budi dalam prosesi wisuda 1.227 perwira transportasi kapal niaga di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Budi pun berharap, peningkatan kualitas SDM di sektor transportasi terutama di bidang teknologi seperti penguasaan AI, IoT, dan big data bisa menjadikan Indonesia masuk dalam lima negara terbesar di dunia pada 2045.

Tidak hanya meningkatkan kemampuan dan pemahaman atas teknologi yang disebutkan, Budi juga berpesan agar para perwira yang telah lulus untuk mampu menjaga aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Pastikan kapal memenuhi aspek keamanan, kapal berfungsi dengan baik, serta nakhoda menjalankan kapal dengan selamat dan mampu memberikan layanan prima bagi masyarakat,” tegas Budi.


Bagikan artikel ini