Menparekraf Bersama Smesfood Hadirkan Cloud Kitchen Hybrid


Logo Kemenparekraf RI

Logo Kemenparekraf RI

Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkolaborasi bersama Smesfood dan Foodspace menyediakan Cloud Kitchen Hybrid pertama di Indonesia dalam rangka mendorong UMKM naik kelas. 

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga pun menyerahkan program Banper (Bantuan Pemerintah) yang ditujukan langsung kepada para pelaku UMKM di Foodspace.id Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Cloud Kitchen Hybrid merupakan jenis dapur perpaduan take out restoran dan cloud kitchen. Proses pengiriman makanan bisa dilakukan melalui aplikasi. 

Sementara itu, Smesfood merupakan program yang digunakan untuk mengelola UMKM agar naik kelas. 

"Kami melihat ini inovasi yang luar biasa dari Smesfood dan juga Foodspace. Kami dari pemerintah melihat potensi kolaborasi dan meluncurkan program Banper yang langsung ditujukan untuk pelaku UMKM," kata Sandiaga dikutip dari Tribun, Rabu (28/12/2022).

Dari program Smesfood tersebut diyakini dapat menaikan omzet pelaku UMKM, pasalnya produk UMKM yang telah tergabung dalam program Smesfood sudah dicover mulai dari market place hingga pemasaran. 

"Saya berharap ini akan mengangkat omzet dengan digitalisasi dan bisa meningkatkan jumlah lapangan kerja dan mensejahterakan usahanya sehingga menambah geliat ekonomi khususnya para pelaku UMKM ini," kata Sandiaga. 

Sandiaga berharap para pelaku UMKM yang belum memiliki tempat produksi dapat bergabung di Smesfood. Dengan begitu akan terciptanya potensi besar untuk para pelaku UMKM naik kelas. 

"Bahwa dengan proses kurasi hingga promosi dan dibantu juga untuk digitalisasinya, maka peningkatannya itu 70 persen yang nanti akan dibantu untuk promosikan sehingga meningkat cukup signifikan, ini yang kita harapkan para pelaku UMKM semua bergabung mengikuti program on boarding digitalisasi yang kita kolaborasikan," kata Sandiaga. 

CEO Smeshub Lutpi Ginanjar mengharapkan, dengan dilaunchingkannya program Smesfood akan lebih banyak UMKM yang terbantukan. 

Dari program tersebut pun diharapkan lapangan pekerjaan lebih berkembang, mengingat sektor UMKM yang paling banyak di Indonesia adalah kuliner. 

"Harapannya tentu kita bisa membantu banyak UMKM kuliner khususnya di Indonesia, kita tahu bahwa 60% itu dari kuliner UMKM kita sehingga itu salah satu bukti bahwa ingin membuat ekosistem untuk naik kelas."

"Dari Smesfood kita berharap bisa mengembangkan lapangan pekerjaan yang lebih besar," kata Lutpi.

Dalam launching tersebut turut hadir Selebgram Edhozel, F&B Idea Expert Valentino Ivan, dan pelaku UMKM Satoe Cendol Dewi Subarsih yang telah berkolaborasi di Smesfood.


Bagikan artikel ini