Menparekraf Kembangkan Sektor Pariwisata Melalui Teknologi Big Data


Logo Kemenparekraf RI

Logo Kemenparekraf RI

Politisi Partai Gerindra dan Pengusaha, Sandiaga Uno mengungkapkan rencananya menerapkan strategi inovasi dengan menggunakan teknologi Big Data untuk menggarap dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.

“Strategi yang mungkin diadopsi adalah strategi inovasi dengan menggunakan teknologi, menggunakan pendekatan big data, pendekatan kekinian untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan,” ujar Sandiaga Uno saat pengumuman dan pengenalan calon menteri baru di Istana Merdeka Jakerta, Selasa (22/12).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan bahwa dengan mengadopsi teknologi Big Data, maka pelaku sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif dipastikan bisa bertahan di tengah pandemi.

Sandiaga Uno juga menekankan bahwa pentingnya adaptasi untuk bertahan dan menangkap peluang di tengah pandemi. Sandiaga berpendapat bahwa semua pihak untuk selalu mendahulukan kesehatan dan keselamatan, di setiap destinasi pariwisata dan setiap lini ekonomi kreatif.

“Kami akan berkolaborasi dengan semua pihak, pemerintah, lembaga, pemerintah pusat, pemerintah daerah, provinsi, pemerintah kota, pemerintah kabupaten, akademisi, universitas, maupun masyarakat, dan dunia usaha,” tambahnya

Menparekraf akan melakukan kerjasama dengan pelaku industri yang tergabung dalam asosiasi termasuk Kadin, HIPMI, PHRI, dan seluruh asosiasi yang terkait di sektor pariwisata yang menjadi fokus terpenting.