Menparekraf Pacu Pelaku Usaha Pariwisata Berinovasi


Logo Kemenparekraf RI

Logo Kemenparekraf RI

 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk selalu berinovasi dengan pendekatan kekinian di masa pandemi COVID-19. Ditambah lagi pandemi ini telah melumpuhkan banyak sektor usaha, termasuk sektor pariwiata ekonomi kreatif.

"Saya terus mendorong agar pelaku usaha parekraf mampu berinovasi di tengah pandemi. Tentunya, dengan memanfaatkan teknologi melalui pendekatan Big Data, Artificial Intelligence, Internet of Things, dan pendekatan teknologi lainnya," ujar Sandiaga Uno di acara Wellshared Fest 2021 yang dikutip dari Berita Satu, Selasa (20/4).

Selain itu, adaptasi juga perlu dilakukan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, dan juga penerapan CHSE (Clean, Helath, Safety & Enviromental).

Sandiaga menambahkan, saat ini Kemenparekraf juga mendukung program vaksinasi secara merata, khususnya bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan herd immunity atau kekebalan komunal di destinasi pariwisata, sehingga tercipta rasa aman dan nyaman baik bagi wisatawan maupun bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Kemenparekraf kini juga telah memetakan dan menyusun pengembangan produk wisata bernilai tambah seperti MICE, sport tourism, kampanye bangga berwisata #DiindonesiaAja, kampanye #BeliKreatifLokal, hingga penguatan produk ekonomi kreatif," tutup Sandiaga.


Bagikan artikel ini