Menrsitek Dukung Inovasi Teknologi Industri 4.0 Melalui Produk Dalam Negeri


Ilustrasi Industri 4.0

Ilustrasi Industri 4.0

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro melakukan kunjungan kerja ke PT Sat Nusapersada Tbk. Kunjungan tersebut sebagai dukungan pemerintah untuk kegiatan riset inovasi pada pengembangan teknologi terkini dari hasil produk Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi.

“Research and development menjadi langkah penting dalam rangka membangun industri nasional untuk pemenuhan kebutuhan domestik dan menjaga kedaulatan ekonomi nasional, apalagi kaitannya untuk meningkatkan TKDN,” ujar Menristek Bambang Brodjonegoro dikutip dalam Berita satu, Selasa (6/4).

Bambang menjelaskan dukungan riset inovasi dan pengembangan adalah tindak lanjut untuk menciptakan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat. Tujuan akhirnya menciptakan masyarakat Indonesia yang sejahtera dan percepatan penerapan teknologi 4.0.

PT Sat Nusapersada merupakan perusahaan manufaktur berteknologi tinggi yang telah memproduksi berbagai produk unggulan seperti smartphone berteknologi 5G, perangkat smart home dan Internet of Things yang mengedepankan kandungan lokal yang sudah tersertifikasi TKDN lebih dari 30%. Produk-produk yang sudah dihasilkan mendukung industri telekomunikasi, keuangan, pendidikan, dan digitalisasi UMKM.

“Pentingnya Indonesia terlibat dalam pengembangan teknologi terkini menjadi suatu keharusan untuk menjadi bagian dalam mewujudkan ketahanan nasional,” tutup Bambang.