Mercedes-Benz dan Tencent Jalin Kolaborasi Strategis untuk Mobil Pintar Berbasis Cloud Computing


Tencent Cloud

Tencent Cloud

Produsen mobil asal Jerman Mercedes-Benz bersama Tencent umumkan kolaborasi strategis pada Senin (11/7/2022) lalu. Kolaborasi ini dilakukan dengan tujuan menghadirkan solusi edge-to-cloud computing yang aman untuk memungkinkan pengembangan, pengujian, serta peluncuran highly autonomous cars atau mobil pintar.

Bergerak pada bidang cloud computing, big data, serta artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, kerja sama keduanya akan mendorong kemajuan dalam simulasi, pengujian, serta pengaplikasian kemudi otomatis pada mobil pintar.

Selain untuk mendorong pengembangan dalam kemudi otomatis mobil pintar, kerja sama yang dijalin Mercedes-Benz dengan Tencent ini juga mendukung kooperasi produsen mobil tersebut dengan NVIDIA untuk mengembangkan teknologi kemudi otomatis di Cina.

Melalui kolaborasi ini, Mercedes-Benz dan Tencent berencana untuk membangun lab gabungan untuk mendukung pengembangan teknologi autonomous driving. Hal ini kemudian akan memberikan keuntungan dalam semua inovasi yang dilakukan, serta melanjutkan komitmen mereka dalam toolchain, validation service, dan area lainnya.

Tencent dengan pengalaman dan sumber daya yang dimilikinya akan mendukung penuh Mercedes-Benz melalui arsitektur IT, tools, dan platform untuk memberikan solusi yang terintegrasi, high-performance, serta layanan cloud computing yang stabil. 

Tencent juga akan menempatkan ahli mereka di V2X Security untuk membantu Mercedes-Benz dalam pengembangan kemudi otomatis mereka di Cina. Hal ini untuk memastikan produsen mobil asal Jerman itu solusi yang terbaik.

Mercedes-Benz sendiri sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Tencent sejak tahun 2015, ketika produsen mobil tersebut menjadi produsen mobil mewah pertama yang meluncurkan Tencent the MyCar untuk pengguna di Cina. Kolaborasi yang baru ini akan berfokus pada pengembangan kemudi otomatis pada mobil Mercedes-Benz.


Bagikan artikel ini