Meta Terapkan AI Generatif pada Aplikasi Facebook dan Instagram


Meta

Meta

Perusahaan induk Facebook yakni Meta, mengabarkan bahwa pihaknya telah berinvestasi dalam artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada minggu ini.

Meta menjelaskan tengah meninjau sejumlah alat AI. Dikutip dari gadgetsnow, Minggu (11/6), alat AI yang tengah ditinjau termasuk chatbot. Hal tersebut disampaikan oleh Meta dalam pertemuan di paviliun Hacker Square di markas Meta's Melo Park.

Mengenai hal itu, dalam pertemuan tersebut CEO Meta, Mark Zuckerberg tak hanya berbicara tentang PHK, tapi dia lebih banyak berfokus pada proyek AI generatif perusahaan dan sebuah terobosan yang luar biasa.

"Pada tahun lalu, kami telah melihat beberapa terobosan yang benar-benar luar biasa, terobosan kualitatif pada AI generatif dan itu memberi kami kesempatan untuk sekarang mengambil teknologi itu, mendorongnya ke depan, dan membangunnya ke dalam setiap produk kami," kata Mark Zuckerberg.

Sementara itu Zuckerberg juga mengatakan, bahwa Meta akan memainkan peranan penting dan unik dalam industri, dengan menghadirkan kemampuan AI kepada miliaran orang dengan cara baru yang tidak akan dilakukan orang lain.

Perlu diketahui, bahwa Meta belum merilis produk AI generatif yang ditujukan untuk konsumen. Namun, akhir-akhir ini Meta mengaku telah berinvestasi dalam infrastruktur untuk mendukung inovasi AInya.

Untuk Instagram sendiri, telah menawarkan sejumlah filter untuk mengubah nada gambar secara dramatis. Namun, Instagram belum lama ini mendemonstrasikan tools yang bisa mengubah foto pengguna lewat perintah teks dan tools lain, yang bisa membuat stiker emoji untuk layanan perpesanan.

Selain Instagram, Meta juga menghadirkan tools AI pada Messenger dan WhatsApp, seperti halnya agen AI dengan kepribadian dan kemampuan berbeda untuk membantu pengguna di WhatsApp. Selain itu, stiker buatan AI pun nantinya akan hadir di Messenger.

Meta dikabarkan memanfaatkan model pembuatan gambarnya, untuk memungkinkan para penggunanya membuat stiker berdasarkan permintaan teks.


Bagikan artikel ini