Dukung Transformasi Digital, Metrodata Electronics Kembangkan AI di Indonesia


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) dukung transformasi digital di Indonesia dengan kembangkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Indonesia. Pengembangan AI menjadi langkah MTDL dalam mendorong transformasi digital melalui dua unit bisnisnya yaitu Distribusi dan unit bisnis Solusi dan Konsultasi.

Unit bisnis Distribusi MTDL sendiri yaitu PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) telah bekerja sama dengan berbagai merek-merek penyedia TIK ternama di dunia, sedangkan unit Solusi dan Konsultasi yaitu PT Mitra Integrasi Informatika (MII) menyediakan solusi lengkap dalam penerapan teknologi AI, mulai dari sumber daya manusia, infrastruktur, hingga peralatan TIK.

Presiden Direktur MTDL, Susanto Djaja mengatakan bahwa teknologi AI adalah salah satu kunci penting dalam menjalankan transformasi digital. Namun, di Indonesia sendiri pengembangan serta adopsi teknologi AI masih terhitung kurang dan tidak sepesat negara-negara lain yang lebih maju.

“Ini karena kurangnya kesiapan industri atau pemain bisnis untuk membuka akses data mereka untuk bertransformasi secara digital. Maka dari itu kamu mengandalkan lini bisnis Solusi dan Konsultasi, serta Distribusi menyediakan fasilitas dan solusi AI agar teknologi ini terus berkembang dan lebih banyak digunakan di Indonesia,” jelas Susanto dalam keterangan resminya, Senin (8/3/2021).

Metrodata menawarkan solusi AI berupa fraud detection atau deteksi penipuan yang dapat membantu tim anti-fraud untuk melakukan mitigasi risiko operasional. Hal ini terutama bagi pelanggan di sektor keuangan dan perbankan.

Susanto juga menjelaskan bahwa MTDL tidak terbatas hanya membantu sektor keuangan dan perbankan, tetapi juga membantu sektor usaha lainnya seperti Image Detection using Deep Learning (DL) yang merupakan fitur pengenalan objek berdasarkan gambar, atau sektor lain seperti Candidate Recommendation untuk HRD dan sebagainya.

Selain sektor-sektor usaha, MTDL juga menghadirkan penerapan AI untuk membantu penyandang disabilitas dengan meluncurkan TISA yang merupakan platform digital bersama dengan ThisAble Enterprise dan Kata.ai untuk platform digital berupa chatbot. Chatbot ini dirancang untuk dapat mensimulasikan percakapan intelektual didukung kemampuan AI.

Metrodata berpartisipasi dalam implementasi serta integrasi chatbot melalui aplikasi WhatsApp pada ThisAble Enterprise. TISA pun akan dibagi ke dalam tiga fungsi, yaitu Customer Service, Learning Center, dan Collection Reminder.

Customer Service berbasis pesan ini akan membantu penyandang disabilitas untuk menjawab pertanyaan terkait keluhan disabilitas, seperti masalah hukum, transportasi, sosial, pendidikan, seksual, keamanan, dan sebagainya.

“Hal ini juga merupakan upaya Metrodata untuk mempercepat pengembangan dna memajukan teknologi AI di Indonesia dan membantu infrastruktur untuk transformasi digital. Oleh karena itu, Metrodata melalui bisnis unit Solusi & Konsultasi serta Distribusi akan terus memberikan solusi bagi mitra bisnisnya,” tutup Susanto.