Microsoft Akan Bangun Data Center di Indonesia, Jokowi Janjikan Regulasi Dalam Seminggu

  • 27 Feb 2020 14.39 WIB

Jokowi Microsoft Digital Economy Summit 2020

Presiden RI Joko Widodo menyambut baik rencana investasi Microsoft untuk membangun pusat data (data center), senilai 1 miliar dollar AS di Indonesia. Data center tersebut dibangun untuk mendukung layanan Cloud Computing dari Microsoft. Untuk memudahkan rencana invetasi tersebut, Jokowi menjanjikan regulasi yang diminta oleh Microsoft akan beres dalam seminggu.

"Saya sampaikan kepada beliau-beliau, akan saya selesaikan dalam waktu tidak lebih dari satu minggu, apa yang diinginkan untuk regulasinya," kata Jokowi ketika memberikan keynote di acara Indonesia Digital Economy Summit 2020.

Acara Indonesia Digital Economy Summit 2020 sendiri digelar bersamaan dengan peringatan 25 tahun Microsoft hadir di Indonesia. Acara ini mempertemukan para pengembang perangkat lunak (developer) dan para pelaku industri digital untuk bersama membangun ekonomi digital Indonesia.

Satya Nadella yang merupakan orang nomer satu di Microsoft hadir memberikan sambutan dalam acara tersebut. Nadella berbicara mengenai betapa pentingnya peran teknologi saat ini, sehingga sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan, teknologi mampu mentransformasi beragam aspek kehidupan saat ini.

"Teknologi di Indonesia telah membantu pebisnis kecil berkembang dan pebisnis besar menjadi kompetitif di tingkat global. Kinerja pemerintah pun lebih efisien, dan ada peningkatan di bidang pendidikan," tuturnya.

Beberapa pejabat terlihat turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Seskab Pramono Anung, Mendikbud Nadiem Makariem, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menkominfo Jhonny G. Plate.