Microsoft Rilis Layanan Cloud Khusus Pelanggan Pemerintah


Microsoft

Logo Microsoft

Microsoft luncurkan layanan public cloud khusus untuk pelanggan dari pemerintahan, dengan layanan cloud computing yang menawarkan penggunanya untuk dapat memiliki kendali yang lebih kuat atas data milik mereka.

Selain itu, guna memperkuat layanannya Microsoft juga menjalin kerja sama dengan grup keamanan asal Italia, Leonardo, serta perusahaan telekomunikasi Belgia, Proximus (PROX.BR) sebagai mitra strategis.

Pandemi COVID-19 sendiri telah mendorong percepatan transformasi digital di berbagai organisasi sektor publik, sehingga Microsoft kemudian berharap dapat menggunakan skema cloud for sovereignty atau komputasi awan berdaulat untuk bersaing lebih baik dengan penyedia layanan cloud lain seperti Amazon dan Google.

Pasar cloud pemerintah global sendiri ukurannya diperkirakan akan mencapai USD 71,2 miliar atau sekitar Rp 1.067 triliun pada tahun 2027 mendatang. Data ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh Imarc Group.

“Kami mengharapkan pelanggan di seluruh dunia, tetapi beberapa pelanggan pertama telah berada di Eropa,” kata Wakil Presiden Microsoft, Corey Sanders dalam keterangannya di Reuters, melansir dari CNBC Indonesia, Senin (25/7/2022).

Eropa sendiri terdiri atas negara-negara yang memiliki undang-undang privasi yang ketat, bahkan pengawas privasi di Eropa pun telah meluncurkan penyelidikan pada awal tahun ini untuk memeriksa apakah layanan berbasis cloud untuk sektor publik tersebut sudah sesuai dengan kebijakan perlindungan privasi mereka.

Pelanggan bisnis dan pemerintah juga semakin banyak menggunakan data center perusahaan teknologi besar dalam bentuk public cloud dibandingkan dengan membangun infrastruktur mereka sendiri.

Sementara terlepas dari kemampuan teknologi baru yang dihadirkan, Microsoft menyampaikan bahwa produk cloud-nya akan memenuhi kebutuhan seputar tata kelola data, kontrol keamanan, privasi pengguna, lokasi data, persyaratan hukum, dan lainnya. Perusahaan juga akan menjalin kerja sama dengan mitra lokal lainnya untuk menyediakan cloud khusus pemerintah daerah.


Bagikan artikel ini