Microsoft Rekrut CEO OpenAI Setelah Dipecat dari OpenAI


CEO OpenAI, Sam Altman

CEO OpenAI, Sam Altman

CEO Microsoft, Satya Nadella, mengumumkan perekrutan mantan CEO OpenAI, Sam Altman, dan Chief Technology Officer (CTO) Greg Brockman ke tim riset AI Microsoft yang baru. Pengumuman ini dilakukan pada Senin, 20 November, dalam sebuah posting di platform X.

Nadella menyatakan kegembiraannya atas kedatangan Altman dan Brockman, serta rekan-rekan mereka, yang akan memimpin tim riset AI tingkat lanjut di Microsoft. Dalam postingannya, Nadella menuliskan dalam postingannya di X, “Kami sangat gembira untuk menyampaikan kabar bahwa Sam Altman dan Greg Brockman, bersama rekan-rekannya, akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim riset Al tingkat lanjut yang baru. Kami berharap dapat bergerak cepat untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk kesuksesan mereka”.

Nadella juga menegaskan komitmen Microsoft terhadap kemitraannya dengan OpenAI. Ia yakin dengan peta jalan produk yang telah diumumkan di Microsoft Ignite dan berharap dapat terus berinovasi. "Kami berharap dapat mengenal Emmett Shear dan tim kepemimpinan baru OpenAI serta bekerja sama dengan mereka," tambah Nadella.

Perekrutan Altman dan Brockman ini datang setelah negosiasi yang gagal antara OpenAI dan Altman untuk kembali ke perusahaan. Sebagai gantinya, mantan CEO dan salah satu pendiri Twitch, Emmett Shear, ditunjuk sebagai CEO sementara OpenAI.

"Saya sangat senang Anda bergabung sebagai CEO grup baru ini, Sam, yang menetapkan langkah baru dalam inovasi," ujar Nadella dalam balasan terhadap postingan Altman yang berbunyi "misi terus berlanjut."

“Kami telah belajar banyak selama bertahun-tahun tentang cara memberikan ruang kepada para pendiri dan inovator untuk membangun identitas dan budaya independen dalam Microsoft, termasuk GitHub, Mojang Studios, dan LinkedIn, dan saya menantikan Anda melakukan hal yang sama,” tambah Nadella.

Sebelumnya, Altman dipecat dari jabatannya sebagai CEO OpenAI pada Jumat lalu. Meskipun karyawan mendesak dewan perusahaan untuk meminta Altman kembali sebagai CEO, Altman menolak negosiasi tersebut, membuka jalan bagi langkah baru dalam karirnya bersama Microsoft.


Bagikan artikel ini