Minimalisir Data Loss, CBN Cloud Sediakan Layanan VMware Cloud


Presales CBN Cloud Yayan Sulton memaparkan tentang layanan VMware Cloud Directory Availability

Presales CBN Cloud Yayan Sulton memaparkan tentang layanan VMware Cloud Directory Availability

Disaster Recovery (DR) adalah sebuah tindakan mengembalikan sistem atau data yang rusak atau tidak dapat diakses dalam kondisi yang rusak ke kondisi yang semula, dan hal tersebut terjadi dikarenakan major problem yang seringkali muncul seperti banjir, gempa bumi, power down sehingga menyebabkan layanan dari website perusahaan atau bisnis tidak dapat diakses atau data hilang. 

Beberapa penyebab terjadinya data yang hilang adalah kebakaran, proses pengiriman data yang terganggu, pemadaman listrik berkala, human errror, computer virus, dan serangan hacker. 

"CBN Cloud mengharapkan masyarakat agar aware terhadap data loss. Yayan menjelaskan terdapat tiga poin terkait yang menimbulkan terjadinya data loss yaitu data tidak sengaja terhapus atau overwritten, data telah rusak dan tidak dapat diakses, dan data tidak dapat diakses dari komputer atau back yang sebelumnya," jelas Presales CBN Cloud Yayan Sulton Auliyaa dalam paparannya pada workshop Cloud Computing Indonesia Conference 2022 : Business Continuity and Disaster Recovery, Kamis (14/4/2022).

VMware Cloud Directory Availability menyediakan keamanan migrasi dan kapasitas DR atau antara multi-cloud. VMware Cloud Directory Availabilty menyediakan orientasi yang disederhanakan dan memastikan ketersediaan VMware vSphere workload dan mengotomasikan proses pemulihan. 

Yayan menambahkan, setelah mengenal VMware maka rencana yang akan dilakukan adalah hal pertama yang dilakukan yakni replikasi dengan menduplikasi Virtual Machine yang berada di proudct insight ke Disaster Recovery Site yang dilakukan sebanyak satu kali dan dalam prosesnya, kita hanya mengirimkan storage-nya saja sehingga pelanggan tidak perlu khawatir dengan biaya traffic dan bandwith pada DR site. 

Setelah itu, pelanggan meng-create atau mengirimkan perubahan data dari production site ke disaster recovery site yang tergantung pada RPO dan RTO yang ditentukan. Pada bagian security, ketika melakukan pengiriman data dari production site ke disaster recovery site, pelanggan akan dilindungi oleh security system agar semua data yang dikirim telah terenkripsi.

"Apabila terjadi insiden seperti kebakaran atau gempa bumi pada production site maka CBN Cloud melakukan failover. Failover merupakan memindahkan fungsi utama production site yang terjadi disaster sebagai infrastruktur utama yang dipindahkan ke recovery disaster site sehingga aplikasi atau layanan pengguna dapat berjalan kembali seperti semula dengan minimum downtime," tutur Yayan. 

Keuntungan yang didapatkan ketika memiliki Disaster Recovery adalah fleksibilitas dan skalabilitas, minimalisasi terjadinya downtime, efisiensi biaya yakni hanya membayar data yang masuk pada storage.

Selain itu, Yayan juga menambahkan keuntungan lainnya adalah lower Recovery Time Objective (RTO) dan Recovery Point Objective (RPO) yakni dapat meminimalisir kehilangan data dan time to market menjadi lebih cepat, keandalan dengan fungsi meminimalisirkan workload, dan aman adalah proses aplikasi yang telah terenkripsi menggunakan security process untuk replikasi data.


Bagikan artikel ini