MUFG Gandeng AWS untuk Menyajikan Layanan Lebih Cepat dan Efisien


Logo Bank MUFG

Logo Bank MUFG

Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG), penyedia layanan keuangan terbesar di Jepang, telah merangkul strategi Cloud-First dengan menandatangani perjanjian global multi-tahun bersama Amazon Web Services (AWS) guna mempercepat transformasi digitalnya.

Kolaborasi ini bertujuan utama untuk memanfaatkan teknologi cloud AWS, termasuk kecerdasan buatan generatif (AI) dan machine learning (ML), yang diharapkan dapat meningkatkan layanan pelanggan, mengurangi biaya operasional IT, serta merancang produk keuangan digital inovatif. Dalam siaran pers yang dirilis pada Selasa (14/11/2023), keduanya menyebutkan bahwa transisi dari pusat data on-premises ke AWS telah menghasilkan pengurangan biaya operasional IT sebesar 20%.

Salah satu keberhasilan terbesar MUFG dalam menerapkan strategi ini adalah peluncuran platform manajemen aset inovatif bernama Money Canvas. Dengan platform ini, pelanggan dapat dengan mudah memilih dan mengelola berbagai layanan keuangan seperti saham, reksa dana, crowdfunding, asuransi, dan manajemen poin loyalitas yang ditawarkan oleh MUFG dan mitra bisnisnya melalui perangkat seluler. Proses ini tidak hanya memberikan akses yang lebih cepat ke layanan keuangan, tetapi juga meningkatkan keamanan dengan penerapan teknologi cloud.

MUFG juga memanfaatkan AI generatif dan machine learning untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik di semua lini bisnisnya. Dengan menggunakan layanan Amazon Bedrock, layanan yang menyediakan multiple foundation models (FMs) melalui application programming interface (API), MUFG sedang menggagas lebih dari 100 potensi kasus penggunaan AI generatif, mulai dari layanan pelanggan hingga keuangan, sumber daya manusia, dan penjualan.

Tidak hanya itu, implementasi Amazon SageMaker, layanan manajemen machine learning, telah membantu MUFG mengotomatisasi permintaan transfer akun, mencapai peningkatan produktivitas sebesar 30%. Sementara itu, alat analisis AWS, seperti Amazon Redshift, gudang data cloud memberikan MUFG wawasan yang mendalam dari data, membantu bank ini mengoptimalkan aktivitas penjualan, meningkatkan interaksi pelanggan, dan meningkatkan efisiensi operasional. Bank ini juga menggunakan Amazon QuickSight, layanan business intelligence berbasis cloud, untuk menggabungkan data respons survei dan mendistribusikan hasil respons dengan platform Pulse Survey-nya.

Langkah MUFG ini sejalan dengan tren global di sektor keuangan, di mana bank-bank lain, seperti Goldman Sachs dan Deutsche Bank, juga mengadopsi teknologi AI generatif untuk meningkatkan produktivitas dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada karyawan dan pelanggan mereka.

Dengan mengintegrasikan teknologi AWS ke dalam strategi transformasi digitalnya, MUFG membuktikan komitmennya untuk tetap menjadi pemimpin dalam inovasi keuangan, memberikan layanan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih efisien kepada pelanggan di seluruh dunia.


Bagikan artikel ini