Aplikasi Click: Solusi Blockchain untuk Perangi Berita Hoax


Ilustrasi Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Penyedia infrastruktur Nodle, menggebrak dunia teknologi dengan merilis aplikasi otentikasi media berbasis blockchain yang disebut Click. Aplikasi ini menjadi senjata baru dalam melawan berita palsu dan konten yang dihasilkan secara artifisial dengan memanfaatkan teknologi blockchain untuk membuktikan otentisitas dan integritas konten.

Aplikasi Click merupakan hasil pengembangan Nodle's software development kit (SDK) bernama ContentSign, yang menggunakan teknologi blockchain untuk secara kriptografis membuktikan integritas data yang diambil oleh perangkat mobile. Dengan mendukung Koalisi untuk Content Provenance dan Authenticity (C2PA) serta menjadi anggota Content Authenticity Initiative (CAI) yang dipimpin oleh Adobe dan Linux Foundation, Click menjadi andalan dalam mengatasi tantangan otentikasi media.

Micha Anthenor Benoliel, CEO Nodle, menjelaskan bahwa Click tidak hanya membidik pengguna umum tetapi juga berfokus pada fotografer, wartawan, reporter, penegak hukum, penggemar olahraga, paparazzi, dan pencipta konten. Aplikasi ini saat ini sudah tersedia di Apple App Store, sementara versi Android sedang dalam tahap produksi.

Proses otentikasi gambar atau video melibatkan pengguna untuk mengambil kontennya melalui kamera aplikasi Click. Konten tersebut kemudian ditandatangani dan dicatat di blockchain Nodle, memberikan bukti otentisitas yang tak terbantahkan. Benoliel menegaskan bahwa gambar dan video yang diautentikasi melalui Click harus diambil dengan kamera aplikasi Click tanpa intervensi pengeditan atau perubahan kecerdasan buatan (AI) yang dapat menghasilkan gambar atau video palsu.

Selain menjadi alat otentikasi untuk konten foto dan video, Click berencana menjadi mitra bagi platform stok gambar seperti Getty dan AFP, menjadikannya sebagai "sumber kebenaran" untuk konten yang diambil di lapangan. 

"Kami berencana untuk mengaktifkan skenario yang sadar lokasi dan acara dengan menggabungkan fitur atribusi canggih atau geofencing acara, sehingga hanya pers/orang yang diotorisasi yang dapat mengambil gambar pada acara-acara tersebut," kata Benoliel.

Dengan infrastruktur yang mampu menyimpan jumlah konten yang besar, Nodle berkomitmen untuk menyediakan versi gratis dari produknya. Meskipun demikian, model penawaran premium mungkin akan diperkenalkan di masa depan untuk mengakomodasi volume unggahan yang lebih tinggi.

Sebagai langkah inovatif dalam industri jurnalisme, Click membuktikan bahwa blockchain memiliki potensi besar untuk memastikan penyimpanan dan penyebaran informasi yang tidak berubah dan transparan. Dengan peran Click dalam melawan berita palsu, Nodle membawa teknologi blockchain ke garis depan pertempuran melawan disinformasi.


Bagikan artikel ini