NTT Ltd Umumkan Peluncuran Layanan Keamanan MDR Berbasis Cloud


Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Perusahaan infrastruktur dan layanan TI global NTT Ltd, mengumumkan peluncurkan layanan keamanan Managed Detection and Response (MDR) untuk membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis melalui peningkatan ketahanan siber.

Layanan berbasis cloud dan analitik ini menggabungkan keahlian manusia dan kecerdasan mesin dengan teknologi terdepan dan threat intelligence (kecerdasan ancaman) sehingga bisa mendeteksi dan merespons serangan siber lebih cepat.

Layanan ini dibangun di atas sistem Microsoft Sentinel, platform keamanan informasi dan manajemen acara (SIEM) tercanggih dari Microsoft, yang digerakkan oleh kecerdasan buatan (AI), otomatisasi, dan kecerdasan ancaman.

Sentinel memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data dalam skala besar di semua pengguna, perangkat, aplikasi, dan infrastruktur, baik di lingkungan lokal maupun multicloud.

Berbekal analitik, machine learning dan kecerdasan ancaman, layanan ini memburu aktivitas mencurigakan dan meminimalkan kesalahan. Dengan sistem terpusat dan otomatisasi kegiatan rutin, perusahaan dapat merespons insiden dengan cepat dan mengisolasi ancaman dari jarak jauh.

Layanan ini merupakan terobosan lanjutan dari Perjanjian Aliansi Strategis (SCA) NTT dan Microsoft yang ditandatangani pada tahun 2020. Kedua perusahaan telah berkolaborasi untuk membangun solusi canggih di cloud publik, pribadi dan edge cloud, data & AI, digital & inovasi aplikasi, modern workplace, dan terbaru adalah bidang keamanan.

Pengalaman Microsoft selama lebih dari 25 tahun, termasuk lebih dari 5.000 ahli komputer Microsoft, dan lebih dari 10.000 sertifikasi Microsoft, NTT menyediakan kombinasi lanjutan dari integrasi aplikasi dan sistem, advisory and managed cloud, serta layanan keamanan yang dibangun menggunakan platform Microsoft dan dapat dinikmati secara global.

Dikatakan Senior Executive Vice President Managed Cloud and Infrastructure Services, NTT Ltd. Charlie Li, perusahaan biasanya menggunakan tambal sulam teknologi keamanan yang tidak selaras.

"Layanan MDR NTT membantu perusahaan selangkah lebih maju di depan peretas dan memiliki dampak langsung pada produktivitas tenaga kerja dan kepuasan pelanggan. Hal ini memberikan postur ketahanan dunia maya yang kuat, dan secara langsung memengaruhi ketahanan operasional, keuangan, dan sumber daya perusahaan," ujar Charlie dikutip dari Indotelko.com, Rabu.

Sementara Research VP International Data Corporation (IDC) Craig Robinson menyatakan, penelitian IDC menunjukkan bahwa tenaga ahli keamanan TI semakin dibutuhkan, karena pertumbuhan pesat ancaman yang terjadi di dunia maya seiring adopsi perluasan tenaga kerja hybrid saat ini dan besarnya peningkatan volume transaksi digital yang berdampak pada bisnis.

"Layanan MDR sangat membantu perusahaan dalam mengambil sikap proaktif untuk melindungi semua bentuk transaksi digital," katanya. 

Sedangkan, General Manager, Global Security Sales di Microsoft Csaba Deme mengatakan, ia sangat senang dapat memperluas hubungan strategis perusahaanya dengan NTT melalui peluncuran layanan MDR terbaru, berbasis Microsoft Sentinel, untuk lebih membantu melindungi dan mendukung pelanggan bersama kami.

NTT berada di posisi yang tepat untuk meningkatkan kemitraan strategisnya dengan Microsoft, setelah mendapatkan status Microsoft Azure Expert Managed Services Provider, serta memiliki 8 Spesialisasi.


Bagikan artikel ini