Nvidia: Cloud dan Jaringan 5G Dorong Sektor Industri Game Mobile


Transformasi Digital

Transformasi Digital

Nvidia memperkirakan perkembangan cloud dan 5G mengubah sektor game mobile, membuka pengalaman di smartphone yang sebelumnya merupakan domain PC dan konsol khusus.

Menurut Director of Global Ecosystem and Business Development for AI, Edge and Accelerated Computing Nvidia, Joao Kluck Gomes, smartphone saat ini merupakan segmen terbesar dari pasar game, tetapi judul yang tersedia biasanya sederhana dan kuno karena keterbatasan handset.

Gomes menyebutkan bahwa cloud dan 5G akan menghadirkan “gameplay 4K fotorealistik dengan respons cepat” ke perangkat mobile, bersamaan dengan meletakkan dasar untuk konten metaverse.

Untuk menangkap peluang, operator perlu berinvestasi dalam “komputasi tepi jaringan yang dipercepat GPU” selain 5G, kata Gomes.

Gomes menjelaskan cloud streaming menggabungkan “AI dan menghitung grafik untuk mengaktifkan ruang virtual yang dinamis, interaktif, dan imersif”, mengutip aplikasi potensial untuk operator di luar game, dengan pemain otomotif termasuk BMW dan Mercedes-Benz di antara bisnis yang menggunakan pendekatan untuk membuat “replika waktu nyata pabrik mereka untuk melatih robot dengan cepat pada tugas-tugas baru dan bahkan membuat kembaran digital dari jaringan 5G”.

Pakar percaya cloud gaming sekarang setara dengan PC atau konsol gaming khusus, meskipun mengakui pengalaman di layar besar dengan koneksi serat “berbeda dari bermain dengan smartphone karena beberapa game tidak sesuai dengan layar kecil dan kontrol layar sentuh yang terbatas”.

Melansir dari Selular.id, Smartphone gaming khusus termasuk dari Razer membantu mengatasi batasan yang masih ada dan Gomes mencatat bahwa ide mobile gaming pada akhirnya bisa menjadi literal, dengan chip dipasang di kendaraan otonom untuk memungkinkan orang bermain saat mereka bepergian.


Bagikan artikel ini