Real time Observability with IBM Instana AI powered Automation


Real- Time Observability with IBM Instana AI-Powered Automation

Real- Time Observability with IBM Instana AI-Powered Automation

Di tengah dinamika bisnis yang terus berubah dengan cepat, inovasi menjadi kunci utama dalam mempertahankan dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Salah satu inovasi terkini yang tengah mengalami perkembangan pesat adalah Artificial intelligence (AI) dan otomatisasi. Kedua elemen ini telah membuka peluang baru dalam meningkatkan efisiensi, inovasi, dan profitabilitas di berbagai sektor industri. Dalam konteks ini, IBM sebagai salah satu inovator teknologi global telah memimpin dalam pengembangan solusi AI, otomatisasi dan solusi cloud hybrid telah memperkenalkan salah satu solusi mereka yaitu IBM Instana Observability, sebuah solusi yang membawa observabilitas real-time ke era digital.

Dalam sebuah webinar yang bertema “Transforming Your Business with AI Powered Solutions,” Pandu Wicaksono, Automation Partner Technical Specialist dari PT IBM Indonesia, memaparkan best practice yang dimiliki oleh IBM dalam memonitor perkembangan aplikasi di era AI yang powerful. Beliau menjelaskan betapa pentingnya memonitor performa aplikasi karena setiap detik latency dapat berdampak besar terhadap konversi pelanggan dan kepuasan mereka.

Dengan kompleksitas dan perubahan yang terus berkembang dalam aplikasi bisnis, visibilitas menjadi krusial untuk memahami setiap perubahan dan masalah yang muncul. Inilah mengapa solusi seperti IBM Instana Observability sangat dibutuhkan dalam environment yang dinamis seperti sekarang.

Pandu menjelaskan bahwa IBM Instana bukanlah sekedar solusi pemantauan biasa. Ini adalah solusi full-stack observability real-time yang diciptakan dengan teknologi AI. Selain itu, instana yang telah eksis sejak tahun 2015 merupakan solusi yang dapat menangani isu-isu terkait dengan hybrid cloud. Dengan Instana, tim dari berbagai departemen seperti DevOps, SRE, ITOps dan developer dapat mengakses data real-time yang akurat dan disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Fitur utama dari Instana meliputi:

  1. Otomatisasi visibilitas full-stack: Instana secara otomatis dapat mendeteksi perubahan secara real-time, memetakan, melacak, dan melakukan profilisasi terhadap aplikasi secara menyeluruh.
  2. Accurate data in context for all teams : Hal ini membantu dalam mengurangi risiko dan mengurangi Mean Time to Restore (MTTR), sehingga tim mendapatkan informasi yang akurat.
  3. Intelligent action: Instana menganalisis setiap permintaan pengguna untuk menyelesaikan bottleneck dan mengoptimalkan kinerja aplikasi.
  4. Easy to use, easy to deploy, easy to understand pricing : Keunggulan lain dari Instana adalah kemudahan penggunaan, implementasi dan harga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna berdasarkan jumlah host (fisik atau virtual) yang digunakan.

Manfaat Instana untuk bisnis antara lain:

  • Mengurangi waktu untuk memperbaiki masalah sebesar 70%.
  • Mengurangi waktu yang dihabiskan developer untuk memecahkan masalah sebesar 90%.
  • Mengurangi insiden yang berdampak pada pendapatan hingga 60%.

Dengan kemampuan Instana dalam memberikan visibilitas real-time yang cerdas dan akurat, bisnis dapat merespons perubahan dengan lebih cepat, mengoptimalkan kinerja aplikasi dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini membuktikan bahwa AI-powered observability seperti Instana bukan hanya menjadi kebutuhan tetapi juga menjadi solusi yang memberikan nilai tambah yang signifikan dalam era digital ini.


Bagikan artikel ini