Oracle Luncurkan Exadata Cloud untuk Perkuat Pasar di Indonesia


Logo Oracle

Logo Oracle

Oracle baru-baru ini mengumumkan peluncuran layanan cloud computing terbaru, Oracle Cloud Exadata. Layanan baru ini menawarkan pengalaman komputasi awan atau cloud computing lengkap bagi organisasi di sektor publik maupun swasta di Indonesia.

Rusly Askar, Senior Director Cloud Platform Group Oracle Indonesia menyampaikan bahwa layanan Oracle Cloud Exadata dapat menghadirkan kemampuan kinerja yang tinggi di balik firewall pusat data milik pelanggan.

Kemampuan ini kemudian dapat memberikan dukungan bagi organisasi untuk memiliki pengalaman public cloud secara penuh, serta dengan cepat memperoleh nilai lebih dari data yang mereka miliki. Hal ini ditawarkan sekaligus dengan memenuhi persyaratan untuk kewenangan dan keamanan data yang ketat.

“Indonesia semakin merangkul teknologi digital, cloud, dan teknologi baru lainnya saat organisasi berupaya untuk memodernisasi operasi mereka serta mendorong inovasi. Namun, pendekatan pemrosesan data konvensional tidak dapat mengimbangi pertumbuhan volume data dan persyaratan kepatuhan,” kata Rusly dalam acara media gathering teknologi terbaru Oracle, Rabu (9/2/2022).

Rusly kemudian menjelaskan, bahwa Exadata telah lama menjadi platform pilihan untuk mendukung persyaratan data yang paling penting, tidak ada platform lain, infrastruktur yang dapat disesuaikan dengan keadaan, database, ataupun layanan cloud lain yang mendekati biaya dan kinerja, serta kesederhanaan dari Exadata.

Tidak hanya itu, karena arsitektur dari Exadata yang sama seperti cloud on premise, organisasi dapat meyakini bahwa lingkungan teknologi informasi mereka sekarang siap untuk menyambut masa depan perusahaan serta tidak perlu khawatir jika data perusahaan mereka harus keluar dari data center miliknya.

“Melihat meningkatnya permintaan cloud di Indonesia dan kebutuhan berkelanjutan dari pelanggan untuk solusi hybrid, kami telah melihat minat yang baik dari organisasi swasta maupun publik yang ingin mendapatkan manfaat dari solusi baru ini,” tutur Rusly.

Saat ini, sebanyak 87% dari Global Fortune 100 serta ribuan perusahaan kecil telah mengandalkan Oracle Exadata Cloud@Customer untuk menjalankan Oracle Databases. Selain itu, juga mengkonsolidasikan infrastruktur database serta membantu mengurangi banyak biaya.

Chief Technology Officer AIA Bhd Gary Goh pun menyampaikan, bahwa pemindahan platform manajemen data perusahaan yang memperkuat keterlibatan pelanggan utama AIA dan kemampuan layanan ke Oracle Exadata Cloud@Customer  X9M kemudian semakin menekankan prioritas strategis AIA untuk terus mengutamakan pelanggan.

Gary menyampaikan, bahwa tetap penting bagi pihaknya untuk terus memberikan layanan yang lebih cepat dan aman, namun bersifat personal bagi pelanggan saat AIA membantu pelanggan untuk hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik.

“Peningkatan ini tidak hanya meningkatkan kinerja aplikasi data, analitik, dan layanan kami, tetapi juga memungkinkan kami untuk mengalami efisiensi waktu dan biaya saat kami berupaya mengakomodasi perluasan infrastruktur teknologi di masa depan,” jelas Gary.


Bagikan artikel ini