Orica Meresmikan Digital Solutions Centre Pertama di Asia


Transformasi bisnis Digital

Ilustrasi Transformasi bisnis Digital

Orica, perusahaan solusi pertambangan dan infrastruktur, telah meresmikan Digital Solutions Centre pertama di Asia, yang berlokasi di Jakarta. Fasilitas ini menunjukkan komitmen Orica untuk mendorong transformasi digital di rantai pasok pertambangan, menyajikan solusi canggih yang mengintegrasikan perangkat lunak, sensor, dan data science.

Inovasi ini menegaskan dedikasi Orica terhadap integrasi digital alur kerja hulu ke hilir dalam proses pertambangan, memungkinkan pelaku industri untuk memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan. Orica berkomitmen untuk memimpin dalam solusi digital, membentuk standar baru untuk industri, dan mendorong keselamatan, produktivitas, serta praktik berkelanjutan.

Damien Marik, Country Director Orica Indonesia, menekankan bahwa Orica telah membentuk jalur transformatif dalam industri pertambangan Indonesia sejak akhir 90-an melalui inovasi digital dan blasting. 

"Kami mengukir tonggak baru di industri ini. Orica Digital Solutions Centre membuka kesempatan bagi para pemangku kepentingan untuk menyaksikan dan mendapatkan pengalaman langsung terhadap solusi digital Orica. Inovasi ini akan mengoptimalkan operasi, meningkatkan keselamatan, menyederhanakan proses, sekaligus merevolusi keseluruhan wajah industri pertambangan," jelas Damien dalam konferensi pers, Selasa (5/12/2023).

Selain menyediakan solusi industri, Orica juga aktif dalam mendukung Net Zero Emission (NZE). Damien menyebutkan bahwa teknologi Orica telah terbukti mendukung NZE tidak hanya di Indonesia tetapi secara global.

Dengan kehadiran Orica Digital Solutions Centre, Damien berharap para pengusaha tambang dapat mengalami teknologi tersebut secara langsung. Adam Hall, Orica Group Executive & President Asia & Chemicals, menyatakan bahwa kemajuan digital sangat penting dalam menggerakkan industri pertambangan, terutama di wilayah dengan pertumbuhan tercepat seperti Asia.

Rajkumar Mathiravedu, Vice President Digital Solutions Orica, menyoroti bahwa Digital Solutions Centre adalah langkah penting untuk menghubungkan ekosistem hulu-ke-hilir. Fasilitas ini menyediakan informasi real-time kepada pelanggan di seluruh wilayah operasi, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dan hasil yang dapat diprediksi.

Digital Solutions Centre menyediakan berbagai solusi inovatif, termasuk BlastIQ™, FRAGTrack™ Gantry, Integrated Extraction Simulator (IES), dan OREPRO™ 3D Predict. Platform ini membantu efisiensi penyimpanan, pengelolaan, dan pengkategorisasian informasi terkait aktivitas blasting serta menghadirkan solusi untuk meningkatkan keselamatan dan produktivitas dalam industri pertambangan.


Bagikan artikel ini