Pacu Sektor Digital, MNC Media Terapkan AI di Seluruh Platform


Hary Tanoesudibjo

Hary Tanoesudibjo

Emiten grup media PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) semakin fokus dalam mengembangkan sektor digitalnya. MNC Media berencana menerapkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di seluruh produk digitalnya.

Hary Tanoesudibjo, Executive Chairman MNC Group pun menyampaikan bahwa ia yakin penerapan AI bakal mendorong perseroan untuk melaju kencang dan meninggalkan kompetitornya. Hal ini menjadikan MNC Group sebagai raksasa ekonomi digital berskala global.

“Ini adalah bagian dari bagaimana kita memperkuat portal, di online, karena sekarang banyak orang mencari informasi melalui portal. Nanti kita akan kembangkan AI di situ,” tutur Hary dalam keterangan resmi, Rabu (26/5/2021).

Hary juga mengatakan bahwa MNC Group telah memiliki kantor di New Delhi, India dengan fokus AI untuk mendukung semua platform digital milik MNC. Kantor pusat AI ini pun diperkuat dengan sumber daya manusia terbaik di bidang teknologi informasi, guna mendukung pengembangan AI yang berstandar internasional.

Salah satu platform digital yang diperkuat AI adalah portal berita milik perseroan, seperti platform berita daring Sportstars.id yang baru saja diluncurkan pada Selasa, 25 Mei 2021 lalu di bawah PT MNC Portal Indonesia (MPI).

Sporstars.id sendiri mengusung misi sebagai portal berita olahraga yang menyajikan beragam informasi dari berbagai cabang olahraga dalam dan luar negeri, yang disertai dengan penulisan informatif, menarik, akurat, serta mendalam untuk menjadi referensi bagi pembaca.

“Sehubungan dengan akan diselenggarakannya event EURO Cup di bulan Juni nanti, Sportstars.id akan mengulas event tersebut secara komprehensif dan lengkap. Kami berharap kehadiran Sportstars.id akan ikut mendorong kemajuan olahraga di Indonesia,” kata Hary.

Penerapan AI pun tidak terbatas pada portal berita saja, tetapi juga dilakukan pada aplikasi over the top (OTT) MNC, yaitu RCTI+. Aplikasi ini pun menggabungkan lima segmen, antara lain adalah video streaming, news aggregator, audio aggregator, Home of Talent (HOT) untuk pencarian talent, serta games aggregator.

Aplikasi yang diluncurkan pada Agustus 2019 ini dinilai memiliki potensi yang besar untuk memberikan kontribusi etrhadap segmen pendapatan digital. Perusahaan memperkirakan, RCTI+ dapat mendulang banyak pendapatan.

MNC pun terus mengupayakan implementasi AI pada berbagai platform digital untuk mendukungnya sebagai rakasasa media dan ekonomi digital di Indonesia. Salah satunya dengan bank digital yang belum lama ini diluncurkan.


Bagikan artikel ini