Pandemi COVID-19 Percepat Adopsi Teknologi Industri 4.0 di Sektor Industri


Infrastruktur Digital

Ilustrasi Infrastruktur Digital

Dr Achmad Istamar, CEO Esri Indonesia mengatakan bahwa pandemic COVID-19 saat ini telah mempercepat transformasi digital di berbagai industri. Hal ini dikarenakan para pelaku industri yang dituntut untuk menemukan cara tetap menjalankan dan mempertahankan bisnis mereka di era new normal.

“Kini semakin banyak pimpinan perusahaan yang memahami bahwa mereka perlu kesigapan dalam beradaptasi terhadap kondisi pasar dan permintaan konsumen yang semakin dinamis. Situasi saat ini juga mempercepat adopsi teknologi industri 4.0 seperti Internet of Things (IoT), artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML),” kata Dr Achmad dalam konferensi pers, Kamis (22/4/2021).

Dr Achmad kemudian melanjutkan, adopsi terhadap teknologi industri 4.0 di masa pandemi COVID-19 saat ini membuktikan perusahaan yang berhasil melakukan adopsi kemudian dapat lebih beradaptasi untuk dapat menghadapi tantangan baru dalam era new normal.

Selain itu, Dr Achmad juga menjelaskan bahwa Esri Indonesia kemudian menyelenggarakan GeoInnovation Challenge guna mempertegas komitmen dalam mendukung klien dan komunitas geospasial untuk dapat menavigasi ketidakpastian bisnis.

Hal tersebut dilakukan Esri Indonesia dengan memperbaharui proses bisnis utama bagi berbagai klien menjadi alur kerja yang lebih cerdas yang didukung dengan teknologi Geographic Informations System (GIS).

Tahun 2021 ini, Esri Indonesia memberikan penghargaan kepada sepuluh pemenang yang telah memberikan solusi inovatif untuk membantu mendorong perubahan nyata dan membuat dampak positif bagi dunia.

“Selamat kepada para pemenang. Saya sangat bangga bahwa hasil dari kompetensi ini menjadi bukti keberhasilan komunitas geospasial di Indonesia dalam menciptakan inovasi-inovasi kelas dunia untuk menjawab tantangan new normal di sektor industri dan komunitas masing-masing,” tutup Dr Achmad.