Pasar Pintar, Aplikasi Karya Anak Bangsa untuk Belanja Lebih Praktis ke Pasar Tradisional


UMKM Digital

Ilustrasi UMKM Digital

Era industri 4.0 mendorong penggunaan teknologi digital dalam berbagai sektor industri, bahkan menjadi suatu keharusan untuk usaha ikut memanfaatkan teknologi digital. Saat ini bahkan ada aplikasi karya anak bangsa bernama Pasar Pintar yang bisa memudahkan masyarakat berbelanja ke pasar tradisional.

Pasar Pintar merupakan aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone, dan merupakan aplikasi untuk berbelanja secara daring atau online ke pasar tradisional. 

“Jika anda ingin berbelanja barang di pasar atau toko, tinggal menggunakan aplikasi Pasar Pintar di telepon genggam. Uang ditransfer secara online dan barang langsung diantar ke rumah,” jelas Heri Haryana, Marketing Executive Pasar Pintar, Rabu, (21/20/2020).

Hari mengatakan bahwa aplikasi ini harus diapresiasi, karena merupakan sebuah teknologi asli hasil karya anak negeri. Bahkan ia mengatakan, beberapa programmer dari aplikasi Pasar Pintar adalah putra-putra Subang.

Ide awal mengenai aplikasi Pasar Pintar, Heri sebut berawal dari gagasan awal untuk membuat pasar baru secara online yang bisa menampung para pedagang di pasar tradisional. Hal ini terutama dengan kondisi saat ini yang dirundung pandemi COVID-19, di mana protokol kesehatan harus diterapkan dengan ketat.

Menurut Heri, keberadaan aplikasi Pasar Pintar ini telah mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehartan dan mencegah penyebaran COVID-19. Pasar Pintar menjadi solusi untuk belanja ke pasar tradisional dari rumah masing-masing.

Aplikasi yang diluncurkan oleh PT Raharja Sinergi Komunikasi ini telah dikenalkan kepada masyarakat di Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang di Provinsi Jawa Barat, serta Kota Tangerang di Provinsi Banten.

“Kabupaten yang menyusul adalah Kuningan, Majalengka, Depok, dan Karawang,” tutur Heri.

Heri mengatakan, pihaknya melakukan kerjasama untuk Pasar Pintar dengan banyak pedagang tradisional. Heri menyebut ingin membantu para pedagang tradisional tersebut untuk memasarkan barangnya ke masyarakat.

“Kami ingin membantu para pedagang tradisional untuk memasarkan barangnya dan masyarakat mendapat barang dengan harga murah,” jelas Heri.

Heri pun menjelaskan bahwa Pasar Pintar juga melibatkan para ojek pangkalan dengan tarif yang disesuaikan dengan tarif ojek online. Hal ini untuk memberdayakan ojek pangkalan di sekitar pasar agar lebih produktif.

“Jadi belanja dengan aplikasi Pasar Pintar ongkos dijamin murah dan warga tak perlu repot,” pungkas Heri.