BHG Hadirkan Paspor Kesehatan Digital Berbasis Cloud


Distribusi Alat Medis Covid-19

Ilustrasi Distribusi Alat Medis Covid-19

Pemeriksaan kesehatan kini menjadi sebuah hal yang wajib dan normal di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, terutama dengan tes dan pemeriksaan COVID-19 untuk memastikan riwayat vaksinasi seseorang, khususnya saat akan melakukan perjalanan antar kota, bahkan luar negeri.

Selain itu, seseorang yang melakukan perjalanan pun biasanya diharuskan melakukan karantina selama beberapa waktu untuk memastikan riwayat kesehatannya. Riwayat kesehatan serta vaksinasi tersebut saat ini telah menjadi ‘paspor’ digital kesehatan bagi masyarakat.

Maka guna membantu memberikan layanan kesehatan yang lebih aman bagi para wisatawan, sekaligus memacu pariwisata di Indonesia, Borderless Healthcare Group (BHG) menjalin kerja sama dengan Empower Healthcare untuk menghadirkan paspor kesehatan digital serta layanan telehealth imersif berbasis cloud di Indonesia.

Melalui penerapan sistem kesehatan yang protektif, preventif, serta proaktif di masa pandemi ini, diharapkan paspor digital tersebut dapat meningkatkan daya tahan serta perawatan diri sendiri. Selain itu, mampu pula untuk memberdayakan adaptasi normal baru di berbagai sektor.

Salah satu pendiri Empower Healthcare, Phil Rickard menyampaikan bahwa melalui paspor digital ini konsumen bisa mengakses berbagai layanan telehealth serta COVID-19 dengan aman saat berada di rumah bersama dokter berstandar nasional maupun internasional.

“Kami berharap dapat memperluas program di Indonesia untuk mendukung industri perhotelan dalam master transformasi pariwisata medis yang direncanakan Indonesia,” ujar Phil, melansir dari Bisnis.com, Kamis (10/6/2021).

Phil menuturkan, pada masa pandemi ini perhotelan dan resor juga membutuhkan catatan vaksinasi serta pengetesan yang harus disiapkan bagi setiap pendatang sehingga dapat mengurangi durasi waktu karantina sekaligus secara bertahap membuka akses pengunjung dari mancanegara.

Sementara Pendiri dan Ketua Borderless Healthcare Group (BHG), Dr Wei Siang Yu mengatakan bahwa telemedicine telah menjadi norma serta inovasi gaya hidup selama pandemi. Menurutnya, karantina di hotel saat ini dapat menjadi proses yang tidak sulit jika terdapat layanan telehealth dalam kamar yang memungkinkan pemeriksaan kesehatan berbasis cloud.

Paspor digital kesehatan berbasis cloud ini pun menjadi penting, apalagi dengan pemerintah Indonesia yang kembali menggaungkan sektor pariwisata Indonesia. Paspor digital kesehatan sangat penting untuk menjamin keamanan seseorang dari virus COVID-19.


Bagikan artikel ini