Pekerja WFH Bertambah, Penggunaan Data di Cloud Semakin Ramai


Cloud Provider

Ilustrasi Cloud Provider

Meingkatnya pandemi COVID-19 dari waktu ke waktu membuat pola aktivitas kerja pun berubah. Maraknya pembatasan diikuti dengan kebiasaan baru bekerja dari rumah. Hal ini menuntut banyak perubahan, salah satunya adalah pola komunikasi dan interaksi secara online.

Pertukaran data antar sesama pegawai juga dituntut menggunakan jaringan konukasi online. Dalam menunjang aktivitas tersebut, cloud computing menjadi salah satu komponen yang kian penting untuk dimanfaatkan.

Dilansir dari Detik, masyarakat mengenal cloud computing sebagai layanan komputer yang terkait dengan ruang penyimpanan atau storage, yang kerap dimanfaatkan untuk menyimpan data operasional bisnis.

Country General Manager of AWS Indonesia Gunawan Susanto menjelaskan, cloud computing bukan sekedar ruang penyimpanan. Secara lebih luas, Gunawan menjelaskan bahwa cloud computing terkait dengan permintaan dari konsumsi sumber daya Teknologi dan Informasi.

"Secara lebih luas, cloud computing terkait dengan demand dari konsumsi IT resources, tidak hanya sekedar storage, namun juga termasuk compute and server. Jadi baiknya layanan cloud commputing bisa pay as you go," ungkap Gunawan.

Gunawan juga menambahkan bahwa alih-alih membeli ruang penyimpanan server, dan membeli database dan fitur keamanan, layanan cloud computing seharusnya memungkinkan pengguna untuk mengeluarkan biaya sesuai dengan penggunaan.

Bergerak di bidang cloud computing, AWS tidak hanya sekedar menyediakan infrastruktur terkait dengan layanan tersebut, melainkan juga membantu mengelola infrastruktur tersebut dari call center, infrastruktur fisik, hingga penerapan sistem keamanan.

Penggunaan cloud computing juga memungkinkan tim TI di perusahaan atau bisnis untuk lebih terfokus dalam melakukan riset untuk ide baru, sehingga produktivitas meningkat, dan tidak hanya disibukkan saat server mengalami masalah, terinfeksi virus dan lainnya.

Cloud computing yang menawarkan elastisitas juga memungkinkan penerapan inovasi dan redefinisi ulang layanan dna bisnis dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, penggunaan cloud computing juga mendukung target pemilik bisnis untuk melakukan ekspansi layanan dengan cepat dan mudah.


Bagikan artikel ini