Pelindo 1 Kembangkan Layanan Digital untuk Kenyamanan Penumpang


Logo Pelindo 1

Logo Pelindo 1

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berinisiatif serta berinovasi dalam mengembangkan layanan digital di terminal penumpang yang dikelolanya. Strategi peningkatan layanan berbasis digital ini dilakukan guna memberi kenyamanan yang optimal pada penumpang serta meningkatkan kinerja bisnis perseroan.

Selain memberi kenyamanan dan kinerja bisnis yang optimal, peningkatan layanan digital ini dilakukan juga guna menjawab tuntutan digitalisasi yang dibawa era industri 4.0 serta pandemi COVID-19 saat ini yang membuat orang harus menghindari kontak secara langsung.

“Kami menginisiasi dan mengembangkan sejumlah layanan digital di seluruh lingkungan Pelindo 1 yang didesain khusus bagi para pengguna jasa sehingga dapat diakses secara mudah, aman, dan di mana saja,” kata Prasetyo, Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1 dalam acara Sosialisasi Integrasi Pelayanan Terminal Penumpang di Wilayah Kepulauan Riau dan Dumai, Selasa (10/11/2020) di Batam.

Prasetyo juga mengatakan, peningkatan layanan berbasis digital tersebut akan dioptimalkan terutama di masa pandemi COVID-19, di mana penerapan kebiasaan baru dilakukan. Hal ini dilakukan agar layanan kepelabuhan tetap berjalan dengan lancar.

Pelindo 1 pun tercatat sebagai salah satu pionir layanan digital yang paling agresif dalam menerapkan IoT (Internet of Things) serta digitalisasi layanan di terminal penumpang. Menurut Prasteyo, sejumlah pelayanan digital yang dikembangkan Pelindo 1 antara lain adalah E-Pass dan E-Berthing yang mulai diterapkan pada 2018 dan E-Ticketing yang diterapkan sejak tahun 2019.

E-berthing sendiri merupakan sistem daring yang disiapkan untuk memudahkan pengguna jasa dalam meminta layanan tambatan kapal, serta penagihan biaya tambatan kapal secara daring. Pengguna jasa cukup mengakses layanan ini melalui smartphone mereka.

E-Pass adalah layanan digital daring yang disiapkan untuk sistem pembayaran penumpang secara non tunai saat memasuki pelabuhan. Penumpang cukup menempelkan uang elektronik ke mesin yang tersedia, kemudian kertas pas masuk penumpang segera keluar dari mesin.

Layanan E-Ticketing yang dikenalkan sejak Juli 2019 dapat diakses pelanggan melalui aplikasi Nyebrang Yuk!. Melalui aplikasi ini, pengguna moda transportasi laut bisa memesan tiket kapal penyebrangan antarpulau kapan saja dan di mana saja secara daring, sehingga lebih mudah dalam memperoleh tiket kapal laut.

Layanan E-Pass, E-Berthing, dan E-Ticketing pun telah diberlakukan di beberapa terminal penumpang Pelindo 1, seperti di Sri Bintan Pura serta Tanjungpinang. Layanan berbasis digital Pelindo 1 juga merupakan layanan transaksi non tunai pertama untuk layanan kepelabuhan di Indonesia.

“Tahun ini, layanan E-Pass mulai dikembangkan di Terminal Penumpang Tanjung Balai Karimun dan Dumai. Peneapan E-Pass nantinya akan mempermudah penumpang karena Pelindo 1 telah berkolaborasi dengan beberapa bank penerbit kartu elektronik. Pelindo 1 bekerja sama dengan sejumlah bank tersebut guna mendorong masyarakat dalam memanfaatkan transaksi non tunai di pelabuhan ini,” terang Prasetyo.

Pelindo 1 sendiri melakukan kolaborasi dengan sejumlah BUMN perbankan seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, serta perbankan swasta BCA untuk penerapan sistem transaksi non tunai. Penerapan sistem ini pun disambut baik Bank Indonesia karena turut mendukung pemerintah mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

“Kami mengapresiasi kinerja Pelindo 1 yang mendukung GNNT dengan menerapkan pembayaran non tunai untuk layanan E-Pass, E-Berthing dan E-Ticketing di terminal penumpang yang dikelolanya. Sistem pembayarannya sudah terintegrasi dengan sistem yang dimiliki Bank Indonesia sehingga terjamin keamanannya,” jelas Mualam Noor, Asisten Direktur Bank Indonesia Kepulauan Riau.

Mualam juga menambahkan, layanan digital ini pun memberi kemudahan pada penumpang dan pelayaran sekaligus mengurangi kontak tatap muka secara langsung di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Maka dengan apresiasi dari Bank Indonesia, Pelindo 1 terus mengembangkan layanan digital ini demi keamanan dan kenyamanan penumpang serta terus mengupayakan GNNT yang dicanangkan pemerintah.


Bagikan artikel ini