Pelindo Manfaatkan IoT untuk Siapkan Strategi Layanan Operasional


Logo Pelindo 1

Logo Pelindo 1

Salah satu Badan Usaha Milik Negara yakni PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero) tengah mempersiapkan sejumlah strategi untuk terus mengoptimalkan layanan pada 2021. Direktur Utama Pelindo I, Dani Rusli Utama menjelaskan dalam mendorongoperasional dan layanan akan bersinergi dengan otoritas pemerintah, sejumlah BUMN dan swasta.

“Pelindo I sedang membangun sarana dan fasilitas bunker penunjang bahan bakar minyak dan jalur pipa gas di Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) untuk memenuhi kebutuhan energi di kawasan indutri, “ ujar Dani yang dikutip dari Republika, Kamis (18/2).

Dalam bisnis e-logistic, Dani memastikan, Pelindo I bekerja sama dengan dua perusahaan logistik besar di Indonesia yakni Haistar dan LODI. Kerja sama tersebut dilakukan untuk pengelolaan fulfilment service dengan mengoptimalkan seluruh potensi logistik dengan pemanfaatan Internet of Things (IoT).

Selain itu, Dani juga memastikan Pelindo I juga menggandeng PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Kawasan Industri Medan (Persero). Dalam sinergi tersebut, Dani menjelaskan Pelindo I melakukan kerja sama angkutan barang berbasis kereta api untuk meningkatkan konektivitas antara pelabuhan dan kawasan industri melalui jalur kereta api agar mendorong efisiensi arus logistik di Indonesia.

Dani juga menambahkan, Pelindo I bekerja sama dengan dua anak perusahaan Pelindo II yakni PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk dan PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia. “Kerja sama ini dalam pengelolaan terminal kendaraan dan pengoperasian peralatan pelabuhan di wilayah Pelindo I,” kata Dani.