Pengguna Internet Melonjak, Big Data dan Cloud: Peluang Besar!


Ilustrasi Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

Pelaku Bisnis Cloud Computing di Indonesia mendapatkan kabar baik dari pemerintah mengenai Peraturan Pemerintah No. 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik yang telah disahkan oleh Presiden RI, mewajibkan pelaku usaha TI menempatkan server dan data centernya di Indonesia. Dengan dikeluarkannya aturan ini diharapkan dapat membantu para pemain Over The Top (OTT) yang banyak bermain dibisnis Internet dan telekomunikasi Indonesia seperti Google, Yahoo, Research in Motion (RIM) dan lainnya yang sudah resmi bertempat di Indonesia.

Adanya aturan tersebut, memberi dampak yang sangat luas seperti membangkitkan perkembangan bisnis perusahaan di Indonesia dalam bidang penyedia jasa cloud computing dan penyedia data center.

Cloud computing atau komputasi awan merupakan teknologi berbasis internet yang dapat mengelola data serta aplikasi dengan akses login. Teknologi cloud computing ini dapat dimanfaatkan untuk server yang jauh dari lokasi komputer pengguna (client) serta dapat digunakan pada device seperti tablet, notebook, dan tentunya smartphone. Beberapa perusahaan didunia sudah menerapkan layanan ini seperti Google (google drive) dan IBM (blue cord initiative).

Perkembangan pada cloud computing juga didukung dengan Big Data, data center yang dapat diandalkan. Big Data ini merupakan kumpulan data yang sangat besar dan kompleks yang dapat menjamin pemrosesan data, penyimpanan, pengelolaan serta penganalisisan data. Dalam Big Data terdapat lonjakan akses komunikasi baik dalam ritel maupun korporat sehingga trafik Big Data tidak dapat ditahan. Lonjakan tersebut disebabkan oleh miliaran pengguna teknologi informasi yang terhubung dalam internet. Hal tersebut juga dikarenakan pertumbuhan pengguna sosial media seperti konten, audio, video, teks dan juga gambar yang bercampur dengan banyaknya data dari perusahaan seperti data produk, data client, hingga transaksi.

Menurut data yang dilansir Indonesian Cloud Forum (ICF), pasar bisnis cloud computing Indonesia mengalami kenaikan sebesar 70% dari tahun 2012 ke tahun 2013 dengan pencapaian pada tahun 2012 sebesar Rp 2,1 triliun dan pada tahun 2013 mencapai sekitar Rp 3,6 triliun. Sedangkan pada tahun 2013, Indonesia masuk dalam kategori negara dengan tingkat adopsi cloud tertinggi di Asia Pasifik.

Teguh Prasetya, Ketua ICF, mengungkapkan bahwa pasar cloud computing yang tumbuh pada tahun ini sebesar 20 persen untuk segmen korporasi, hal ini tentu melebihi pertumbuhan industri teknologi informasi nasional saat ini sebesar 19 persen.
Sekarang, Indonesia menempati peringkat ke-4 di Dunia untuk penggunaan social media seperti facebook dan twitter serta penggunaan dan postingan di beberapa forum salah satunya Kaskus.

Saat ini, pelanggan seluler di Indonesia juga terus meningkat mencapai sekitar 262,5 juta dengan pengguna internet mencapai 117,5 juta pengguna. Hal ini tentu membuat ledakan pada penggunaan data, sehingga penerapan Big Data menjadi peluang yang besar. Namun, jika cara mengantisipasi tidak benar dapat menimbulkan masalah serius.