Pentingnya Teknologi Artificial Intelligence Dalam Menjaga Kedaulatan Negara


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Negara Republik Indonesia sudah menjadi kewajibannya dalam menjaga keutuhan negara terutama di wilayah perbatasan dengan memanfaatkan teknologi pertahanan melalui peningkatan teknologi Artifiical Intelligence (seperti drone, radar, signal, dan lain-lain) guna menjaga kedaulatan negara.

“Pelibatan Artificial Intelligence di perbatasan guna menjaga kedaulatan negara, pentingnya integrasi dalam pemanfaatan teknologi AI dalam sebuah wadah agar pengamanan perbatasan negara bisa terselenggara dengan baik oleh semua pihak”, Ujar Kepala Pusat Pengkajian Strategis (Kapusjianstra) TNI Brigjen TNI Jhonny Djamaris S.I.P., M.I.P., Kamis (8/4).

Selain itu, Brigjen Jhonny mengungkapkan perlunya pengaman dalam mengantisipasi dan melindungi Big Data dan Artificial Intelligence dari serangan hacker atau virus dan pentingnya regulasi sebagai penghubung yang mengatur pemanfaatan Artificial Intelligence.

“Saat ini sistem pengamanan negara di perbatasan secara teknologi masih minim dan belum optimalnya penggunaan artificial intelligence sebagai alutsista TNI,” tambahnya.

Kapusjianstra TNI juga mengharapkan dengan pembahasan mengenai teknologi Artificial Intelligence ini memberikan ga,baran dan masukan betapa pentingnya Artificial Intelligence untuk menjaga wilayah perbatasan negara Indonesia.