Peran AI dalam Mendukung Kemajuan Transformasi Digital


Artificial Intelligence Industri

Ilustrasi Industri Artificial Intelligence

Kegiatan The Sixth ICIC (International Conference on Informatics and Computing) 2021 dalam rangkaian kegiatan Rakornas Aptikom (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) 2021, berlangsung secara daring, Rabu (3/11).

Pada sesi terakhir ICIC 2021, ditutup dengan menghadirkan keynote spekear, Prof Ismail Khalil, Deputy Head of the Institute of Telecooperation, Johannes Kepler University Linz, Austria. Dengan tema yang dibawakan berjudul “Intelligence in the Age of Artificial Intelligence”.

Prof Ismail mengatakan, kecerdasan merupakan kemampuan untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan. Kecerdasaan melibatkan aktivitas mental tertentu yakni learning, reasoning, understanding, truth finding, seeing relationships, considering meaning dan acting. 

“Dalam bagan multiple intelligences chart, terdapat beberapa poin utama yakni kecerdasan linguistik, kecerdasan matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan ritmik, kecerdasan intrapersonal (dalam diri), kecerdasan interpersonal (antar orang lain) dan kecerdasan naturalis,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa, kecerdasan buatan merupakan sub bidang ilmu komputer yang ditunjukkan untuk pengembangan komputer dengan kemampuan melakukan hal-hal yang membutuhkan suatu kecerdasaan seperti perilaku manusia, dimana mampu berpikir dan bertindak secara cerdas.

Melalui kecerdasan buatan, maka diperoleh sebuah keuntungan dimana adanya peningkatan sumber daya komputasi, pertumbuhan data yang eksplosif, pergeseran dari kecerdasaan buatan yang luas dan fokus yang lebih dalam pada masalah tertentu. 

"Pergeseran dari rekayasa pengetahuan dimana semua tetap disesuaikan pada sebuah aturan yang berlaku, dan model penalaran oleh mesin yang mampu berpikir layaknya manusia,” jelasnya.

Maka, imbuhnya, dengan adanya kecerdasan buatan ini, diharapkan menjadikan ilmu pengetahuan semakin berkembang. Sehingga terciptalah sumber daya manusia yang menguasai teknologi digital dengan begitu cakap dan pintar. “Sehingga transformasi digital dapat dicapai dengan adanya pemanfaatan kecerdasaan buatan dan penerapannya di segala aspek kehidupan,” tutupnya.


Bagikan artikel ini