Percepat Industri 4.0, Metrodata Electronics Tawarkan Solusi IoT


Ilustrasi Internet of Things

Ilustrasi Internet of Things (IoT)

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), melalui anak usahanya yakni PT Mitra Integrasi Informatika (MII), terus memperkuat bisnisnya dengan menambah solusi Internet of Things (IoT) untuk vertical industry dalam rangka mempercepat industri 4.0 di Indonesia. Solusi IoT yang ditawarkan adalah mulai dari manufacturing execution system, smart office, dan warehouse tracking.

“Kami terus menambah portofolio solusi TIK guna mendukung industri 4.0 dan bekerja sama dengan berbagai mitra global teknologi. Dengan trend market yang semakin mengarah kepada transformasi digital, MII terus mendukung berbagai industri untuk melakukan percepatan digitalisasi tersebut dalam proses bekerja mereka,” ujar Direktur Mitra Integrasi Informatika Edwin Putraoetama Octosa dalam keterangan resmi yang dikutip melalui Berita Satu, Selasa (9/11).

Ada pun MII memiliki pengalaman dalam penerapan solusi IoT di industri manufaktur, FMCG, e-commerce, dan agrikultur. Selain itu, MII juga memanfaatkan solusi 8 Pilar yang dimiliki agar tujuan yang diinginkan pelanggan tercapai.

Solusi Manufacturing Execution System (MES) dapat diterapkan dalam industri manufaktur untuk melakukan otomatisasi proses produksi yang sebelumnya masih dilakukan secara manual.

Pada prosesnya, jaringan sensor OT (Operation Technology) yang terdapat di mesin-mesin industri akan saling terhubung dengan sistem MES yang dapat memberikan informasi secara real time dari Key Performance Indicator (KPI) dari sensor-sensor mesin produksi hingga menampilkan OEE (Operation Equipment Efficiency) secara terpadu.

“Hal tersebut dapat dicapai dengan melakukan integrasi antara OT yang ada di pabrik dengan Information Technology (IT) seperti database dan big data,” ujar dia.

Edwin mengatakan, adanya solusi tersebut dapat menjadikan pekerjaan menjadi lebih efektif di lapangan. Solusi MES juga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi tenaga kerja karena berkurangnya proses manual sehingga menjadi lebih cepat, fleksibel, dan mendukung pembuatan keputusan berbasiskan data yang lebih akurat.

Di sisi lain, solusi IoT ini menunjang untuk penerapan Smart Office di masa pandemi Covid-19 dalam mendukung pemenuhan protokol kesehatan. Teknologi Smart Office yang diterapkan merupakan solusi sistem digital yang dapat mendukung mobilisasi karyawan perusahaan dengan menggunakan video analytics, CCTV, barcode/QR code/RFID, access control, dan business application.

Area solusi IoT juga dapat dimanfaatkan untuk Warehouse Asset Tracking Management, yaitu memeriksa status, seperti ketersediaan dan lokasi barang. Sistem kerjanya dapat menggunakan aplikasi Asset Inventory, RFID (Radio-Frequency Identification), dan juga dilengkapi dengan Network Connectivity & Security untuk memastikan keamanan dari data dan informasi.

Sebagai informasi, Metrodata Electronics melalui MII sudah bermitra dengan berbagai mitra global solusi IoT, seperti Zebra, Azure, AWS, Google Cloud, Gorilla, ZKTeco, PTC, dan Advantech.

“MII sudah memiliki banyak technology partner yang dapat menjawab kebutuhan dari customer. Kedepannya kami akan terus memperluas solusi IoT berbasiskan cloud dan IT/OT Security, membangun management system dan terus menambah manage service IoT,” ujar dia.


Bagikan artikel ini