Percepat Peluncuran MotionBanking, MNC Investama Gandeng AWS


Amazon Web Services Logo

Ilustrasi Logo Amazon Web Services

PT MNC Investama Tbk (BHIT), perusahaaan holding di sektor media, jasa keuangan, entertainment hospitality, e-commerce dan bisnis digital berkolaborasi dengan Amazon Web Services (AWS), perusahaan Amazon.com, Inc, sebagai penyedia cloud perusahaan dalam upaya mendorong transformasi digital.

Atas kesepakatan itu, PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), anak usaha PT MNC Investama Tbk (BHIT) akan memanfaatkan penyedia cloud guna mempercepat peluncuran aplikasi perbankan digital bernama MotionBanking.

“Pindah ke cloud telah membuka jalan bagi BHIT untuk berinovasi dan menghadirkan pengalaman dengan cara baru,” ujar CTO MotionBanking Parman Suparman dalam di sela kerja sama kedua perusahaan di Jakarta secara virtual Senin (27/9/2021).

BABP mengembangkan solusi perbankan digital, MotionBanking, dengan AWS untuk melayani kebutuhan pelanggan yang meningkat, khususnya pengelolaan keuangan lewat platform digital. MotionBanking memiliki berbagai layanan keuangan seperti rekening tabungan, transfer, pembayaran kartu kredit, hingga notifikasi real-time. 

BABP akan menggunakan kapabilitas cloud AWS yang komprehensif, termasuk infrastruktur AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang segera hadir, untuk menjalankan core banking secara aman di cloud dan menskalakan mengikuti permintaan nasabah. “Kami telah mengubah bisnis media bersama AWS, dan sekarang kami ingin mengulangi kisah sukses ini lewat transformasi bisnis jasa keuangan dengan cloud terkemuka di dunia," kata Parman Suparman.

Parman juga menjelaskan, BABP berencana membangun gudang data cloud memanfaatkan layanan analitik data AWS untuk menganalisis ratusan juta titik data konsumen secara bersamaan, seperti empat free to air (FTA) TV MNC Media yang menguasai 54% pangsa pasar, 10 juta pelanggan DTH, televisi berbayar, dan broadband, 286 juta follower media sosial, 100 juta monthly active user (MAU) dari layanan streaming OTT dan super apps, 75 juta pembaca portal online, 2,7 juta pengguna platform e-commerce MNC Group, dan lebih banyak lagi di seluruh unit usahanya.

"Analisis ini akan memberikan BABP wawasan mengenai nasabahnya, seperti pola dan tren perilaku, yang memungkinkan MotionBanking menyediakan layanan dan produk keuangan yang disesuaikan, untuk meningkatkan pengalaman perbankan digital," tambah Parman seperti yang diktuip Berita Satu.

Parman mengatakan dengan bantuan kapabilitas lanjutan yang ditawarkan AWS, termasuk analitik dan machine learning, perusahaan berharap bisa memahami konsumen, memprediksi tren dan preferensi masa depan, dan menyelesaikan berbagai tantangan keuangan. 

Adapun Country Manager Indonesia, Amazon Web Services Gunawan Susanto, mengatakan, AWS menyediakan kapabilitas cloud yang aman, tangguh, dan berstandar global yang dibutuhkan untuk mentransformasi pengalaman pelanggan secara total.

“MNC Group memanfaatkan portfolio layanan cloud AWS untuk mengubah bisnis media dan layanan keuangan, menjawab perilaku dan ekspektasi pelanggan yang berubah-ubah dengan cepat. Investasi kami yang berkesinambungan bagi Indonesia dan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang baru akan mempercepat transformasi digital dan mendorong berkembangnya pelaku usaha lokal serta seluruh negeri,” kata Gunawan Susanto.


Bagikan artikel ini