Perkuat Sistem TI, Telkom Bangun Dua Data Center Tahun Ini


telkom 

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. berencana membangun dua pusat data (data center) tahun ini. Hal itu untuk memperkuat sistem teknologi informasi, khususnya jaringan 4G.

Direktur Keuangan Telkom Indonesia, Harry M. Zen mengatakan dua pusat data center tersebut rencananya akan dibangun di Cikarang dan Jatinegara.

“Di Telkomsel, sekarang setelah pascaregistrasi kartu SIM, database pelanggannya lebih rapi dan detail,” ujar Harry di Jakarta (03/03/2019).

Perusahaan dengan kode emiten TLKM itu bertujuan untuk melakukan pendekatan dan penawaran secara personalisasi terhadap pelanggannya.

"Dengan database tersebut nantinya perusahaan dapat memberikan penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan ketertarikan pelanggan," lanjut Harry.

Dalam hal layanan personalisasi diperlukan sistem TI yang memadai [dengan bangun data center].  Selain itu, Harry menjelaskan kabar atau isu mengenai konsolidasi perusahaan telekomunikasi di Indonesia itu tidak ada di dalam rencana perseroan.

“Untuk konsolidasi telko di dalam negeri kami tidak ada rencana,” lanjut Harry.

Sementara itu perseroan juga akan memperkuat bisnis non-seluler yakni pada sistem TI. Hal itu dilakukan untuk membantu bisnis Indiehome yang skalanya mulai besar. Harry menyatakan pelanggan IndiHome mengalami peningkatan sejak tahun 2015, yakni mencapai lebih dari 5 juta pelanggan.

“Kami tetap mengembangkan bisnis IndiHome. Jadi, kami masih membutuhkan capex untuk membangun akses dari backbone, kami masih lakukan itu,” jelas Harry.