Permudah Pembayaran Pensiun, Taspen Luncurkan Aplikasi TDES


Media Digital

Ilustrasi media digital

PT Taspen (Persero) telah meluncurkan aplikasi Taspen Digital Enterprise Services (TDES). Aplikasi ini disebut dapat mempercepat dan mempermudah proses pembayaran uang pensiun.

Direktur Utama Taspen ANS Kosasih menjelaskan, TDES merupakan sistem inti aplikasi berskala enterprise yang dapat mengakomodasi operasional proses bisnis perusahaan pada fungsi manajemen data enterprise dan layanan pemasaran. 

"Selain itu, keuangan yang terintegrasi, performa tinggi, reliable dan secure untuk meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik kepada peserta," kata Kosasih dalam keterangan resmi yang dikutip dari Republika, Selasa (25/5).

Menurut Kosasih, latar belakang dihadirkannya TDES didasari atas satu dari lima prioritas Kementerian BUMN, yaitu kepemimpinan teknologi. 

"Memimpin secara global dalam teknologi strategis dan melembagakan kapabilitas digital, seperti data managementadvanced managementbig data, dan artificial intelligence," tambah Kosasih. 

Ia menambahkan, keunggulan TDES di antaranya waktu merespon yang cepat, tidak perlu ada pembaruan  berkala, mudah digunakan, serta validasi dan akurasi data terjaga. 

Kelebihan lainnya, aplikasi berjalan secara real time/online antara TDES dan Sistem Akuntansi Pemerintahan, percepatan daftar pembayaran pensiun dari 10 jam ke 10 menit, dan percepatan pengunggahan data gaji ASN aktif dari 515 Pemda yang semula 15 menit menjadi lima menit.

"Melalui aplikasi TDES maka pengerjaan klaim akan lebih singkat karena response time cepat dan navigasi menu yang mudah, ditambah dengan penggunaan web-based application yang akan membantu pekerjaan menjadi lebih fleksibel," tutupnya


Bagikan artikel ini