Jalin Kemitraan dengan Microsoft, Pertamina Percepat Transformasi Digital


Microsoft

Logo Microsoft

PT Pertamina (Persero) gandeng Microsoft guna mewujudkan inovasi, efisiensi, serta keamanan data operasional perusahaan dari hulu hingga hilir. Kedua pihak pun telah menandatangani nota kesepakatan untuk hubungan kerja sama ini.

Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan langkah dan terobosan bisnis untuk menjadikan Pertamina sebagai perusahaan energi global. Melalui kesepakatan dengan Microsoft, Nicke menyampaikan Pertamina melakukan percepatan transformasi digital.

“Pandemi COVID-19 telah menggeser perilaku konsumen dan semua lini bisnis. Situasi ini telah mengeksplorasi proses digitalisasi untuk semua informasi dan teknologi komunikasi,” kata Nicke dalam keterangan pers, Sabtu (9/1/2021).

Nicke pun menuturkan, Pertamina bersama Microsoft akan melakukan berbagai aspek, seperti horizontal digital transformation dan solusi real-time. Contoh dari aspek ini adalah Predictive Maintenance di Upstream dan Refinery untuk dapat menghitung ketidaknormalan di fase awal sehingga pemeliharaan bisa segera dilakukan untuk meningkatkan keandalan dan produksi.

“Ada juga real time monitoring ship movement yang dihadirkan untuk memaksimalkan waktu pengiriman. Ini yang dilakukan pada digitalisasi SPBU yang telah rampung di mana potensi penerapan artificial intelligence dapat membantu memahami pelanggan lebih baik dan berinovasi untuk meningkatkan layanan kami,” jelas Nicke.

Selain itu, Nicke melanjutkan, digitalisasi berupa teknologi AI dapat digunakan untuk memonitor semua lebel dan target dari distribusi BBM bersubsidi. Digital integration yang nantinya dilakukan pun mengimplementasikan pusat data dan modernisasi aplikasi dengan melakukan peringkasan terhadap big data di setiap proses bisnis.

“Di era yang serba cepat seperti sekarang, ini menjadi kunci untuk pertumbuhan yang berkelanjutan sebuah perusahaan dan saya percaya bahwa kolaborasi ini dapat memberikan dampak yang positif, tidak hanya untuk dua perusahaan terkait, tapi juga untuk Indonesia mencapai ketahanan energi nasional,” pungkas Nicke.

Sementara Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee mengatakan bahwa nota kesepakatan kerja sama dengan Pertamina telah memberikan pondasi bagi Microsoft untuk mewujudkan visi Pertamina sebagai perusahaan energi kelas dunia dan membangun ketahanan ekonomi Indonesia.

“Kami berkomitmen atas kerja sama ini, dan memastikan dukungan penuh dari organisasi kami,” kata Haris.