Kolaborasi Pertamina & Google Cloud Perkuat Transformasi Digital


Google Cloud New

Google Cloud

PT Pertamina Lubricants (PTPL) yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) yang melakukan bisnis pelumas menjalin kerja sama dengan Google Cloud sebagai salah satu langkah untuk memperkuat transformasi digital perusahaan.

Sinergi dengan Google Cloud ini merupakan salah satu langkah strategis PTPL untuk melakukan transformasi digital pada semua lini bisnis perusahaan, mulai dari proses produksi, sales & marketing, operasi, rantai supply, logistik, hingga digitalisasi bersama pelanggan.

Kolaborasi ini juga sejalan dengan rencana jangka panjang untuk mendukung komitmen Go Digital Pertamina serta program Making Indonesia 4.0 yang telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

Direktur Finance & Business Support PTPL, Catur Dermawan menyampaikan bahwa teknologi dan digitalisasi merupakan kunci penting untuk pertumbuhan serta perkembangan bisnis. Perjalanan implementasi industri 4.0 di PTPL pun sudah berjalan sejak 2020 lalu dengan misi utama yaitu ‘developing integrated platform & services’.

“Bersama dengan mitra yang tepat seperti Google Cloud, kami secara agresif melakukan modernisasi infrastruktur dan aplikasi bisnis yang terintegrasi, tepat sasaran, serta mampu memberikan nilai lebih kepada bisnis kami secara berkelanjutan,” kata Catur dalam acara penandatangan nota kesepahaman, Senin (13/12/2021).

Nota kesepahaman bersama dengan Google Cloud ini mencakup beberapa pilar strategis yang akan mendorong adanya efisiensi biaya dan operasional. Selain itu, memberikan akselerasi pada inovasi produk serta layanan bagi konsumen dan masyarakat.

Kolaborasi ini tidak hanya mendukung pembangunan infrastruktur IT yang lebih aman dan cepat, tetapi juga akan memanfaatkan produk dan layanan Google Cloud seperti big data analytics, smart data analytics, machine learning, artificial intelligence, manajemen API, dan masih banyak lagi untuk mendukung pengelolaan perusahaan secara strategis.

Catur pun mengatakan bahwa pengelolaan data yang terintegrasi dan tersentralisasi dengan dukungan produk Google Cloud akan membantu PTPL untuk melakukan analisis yang lebih komprehensif, sehingga keputusan bisnis yang tepat dapat diambil dan melahirkan inovasi berdasarkan data.

Sementara Country Director Google Indonesia Megawaty Khie menyampaikan bahwa pihaknya merasa terhormat dapat membantu PTPL melakukan migrasi ke cloud computing dan mencapai tujuan-tujuan digital mereka.

“Melalui kerja sama ini, kami tidak hanya membantu Pertamina meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga mempercepat inovasi berbasis data mereka demi terwujudnya pertumbuhan jangka panjang dan sebagai bagian dari pertumbuhan Indonesia,” kata Megawaty.


Bagikan artikel ini