Perusahaan Agritech Aria Hadirkan Solusi Pertanian Modern


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

Era digital yang terus berkembang membuat banyak kaum muda yang bertekad untuk melahirkan solusi guna mengatasi permasalahan yang ada. Salah satunya perusahaan agritech Indonesia, Aria yang berupaya meningkatkan ketahanan pangan melalui modernisasi sektor pertanian, pertambangan, dan perkebunan.

Head of Government Relations Aria Agriculture Indonesia, Gusti Raganata mengungkapkan bahwa pertanian di Indonesia selama ini telah menyumbang banyak untuk penghasilan produk domestik bruto (PDB) sepanjang 2021, di mana sektor usaha pertanian telah memberikan kontribusi sebesar 13,28% untuk PDB nasional. Namun jumlah tersebut tidak diimbangi dengan kesejahteraan hidup petani.

“Lewat solusi internet of things (IoT), big data, mekanisasi, layanan digitalisasi, hingga pabrik drone, isu pangan dan pertanian yang dihadapi di Indonesia bisa diatasi. Aria hadir sebagai service company untuk mendukung ketahanan pangan Indonesia,” jelas Gusti dalam keterangan resminya, melansir dari Swa.co.id, Jumat (6/1/2023).

Salah satu layanan yang dihadirkan oleh Aria adalah drone yang dapat membantu melakukan penyemprotan lahan pertanian dengan biaya murah dan tepat waktu. Hal ini dikarenakan drone Aria memanfaatkan teknologi software-as-a-service (SaaS).

Pemanfaatan teknologi ini kemudian membantu perusahaan perkebunan ataupun individu petani dalam proses penanaman, yang dihubungkan dengan data sehingga penyemprotan tanaman dapat dilakukan dengan tepat. Hal ini kemudian membantu petani untuk dapat memperoleh hasil panen yang maksimal serta mengurangi risiko adanya gagal panen.

Aria saat ini sudah bergerak di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Nusa Tenggara Barat. Salah satunya juga di Sragen, Jawa Tengah dan Kabupaten Malang, di mana Aria telah membantu penyemprotan tanaman untuk lahan tebu seluas lebih dari 100 hektare.

Aria pun belum lama ini juga hadir dalam perhelatan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gundono pada 11 Desember 2022 lalu sebagai salah satu dari deretan startup Arkana Ventures, dan merupakan salah satu perusahaan Indonesia yang diinvestasi oleh Kaesang Pangarep.

“Kehadiran kami di sini tidak hanya sekadar berpartisipasi, tetapi juga memberikan informasi kepada tamu undangan bahwa ada solusi dari anak bangsa melalui teknologi untuk mengatasi isu pangan dan pertanian,” pungkas Gusti.


Bagikan artikel ini