Platform Infobip Resmi Luncurkan Data Center di Indonesia


Data Center Ilustrasi

Ilustrasi Data Center

Platform komunikasi cloud Infobip, resmi meluncurkan data center (pusat data) di Indonesia yang diberi nama ID1. Data center ini diklaim dapat mendukung kemampuan inovasi digital cloud bagi perusahaan lokal dan multinasional.

Berlokasi di Jawa Barat, peluncuran data center ini sejalan dengan arah strategis Digital Roadmap Indonesia tahun 2021-2024 yang bertujuan untuk mengembangkan infrastruktur digital dan konektivitas yang inklusif, aman, dan andal dengan layanan berkualitas tinggi.

Fasilitas ID1 ini merupakan perluasan dari rangkaian data center milik Infobip yang tersebar di seluruh dunia, dibuktikan dengan perubahan tingkat produktivitas aplikasi lebih dari 1.500 kali sehari, dan lebih dari 20.000 pesan klien per detik, dengan kecepatan transfer data lebih dari 4,5 Gbps terhubung dengan data center di seluruh dunia.

Kecanggihan data center ID1 menawarkan rangkaian layanan collocation yang lengkap, interkoneksi, serta dukungan ke berbagai ekosistem digital yang aman.

Selain itu, data center ini juga akan meningkatkan kemampuan layanan CPaaS dan SaaS milik Infobip, mulai dari layanan suara, email, SMS dan chat hingga produk as a service, seperti Conversations (Contact Center as a Service), Moments (Marketing Automation), Answers (Chatbot), dan Customer Data Platform (CDP).

Ke depannya, layanan ini akan memberikan manfaat layanan pelanggan yang menyeluruh bagi pelanggan dari berbagai industri, termasuk ritel, banking-financial services and insurance (BFSI), logistik, makanan dan minuman, fintech, telemedicine, serta perusahaan sektor publik di Indonesia.

Alma Numic, VP General Manager APAC dan MENA, Infobip mengatakan “Peluncuran data center Infobip di Indonesia menandai pencapaian penting sejak perusahaan memasuki pasar Indonesia di tahun 2016. Kami telah bertumbuh menjadi hub tepercaya untuk semua operasi bisnis kami di masing-masing negara dengan memastikan visibilitas yang luar biasa, konektivitas yang berguna, dan peluang yang luas bagi klien dan mitra kami di berbagai sektor.”

“Kami senang dapat menyediakan ekosistem digital inovatif yang dapat menghadirkan solusi teknologi cloud dan keahlian terbaik kami ke pasar Indonesia dan Asia Pasifik. Dengan rekam jejak kesuksesan Infobip dalam komunikasi bisnis secara global, kami berharap untuk bisa menciptakan lingkungan industri yang inklusif dan kaya untuk memperkuat visi digital Indonesia,” jelas Alma melansir dari Infokomputer.com.

Perlindungan dan data localization serta keamanan dan privasi adalah prioritas utama Infobip, dalam hal ini Infobip memastikan kepatuhan terhadap peraturan lokal terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada data center miliknya tersebut.

Selain itu, fasilitas data center ini juga telah memenuhi standar internasional, termasuk ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu, ISO 27001 untuk sistem manajemen keamanan informasi, Threat and Vulnerability and Risk Assessment (TVRA), dan Kepatuhan TI TÜV Rheinland untuk PCI DSS.

Peresmian data center Infobip ini rencananya akan dilaksanakan pada Agustus 2022 mendatang. “Dengan beroperasinya data center ini, diharapkan para mitra dan klien dapat memanfaatkan keunggulan cloud data center dari Infobip dan meningkatkan ekosistem digital mereka,” tutup Alma.


Bagikan artikel ini