PLN Luncurkan Outage Management Berbasis AI dan Big Data


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

PLN luncurkan Outage Management (OM) for Customers yang merupakan bagian dari transformasi PLN dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menikmati layanan PLN. Prelaunching OM di PLN Unit Induk Wilayah Sumsel Jambi dan Bengkulu (WS2JB) dan akan dilakukan secara bertahap di wilayah lainnya.

“OM merupakan suatu program terintegrasi yang dirancang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan penyediaan listrik dari PLN yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang saling terintegrasi dan dilengkapi dengan Big Data untuk mempercepat penanganan pengaduan,” ujar General Manager PLN UIW S2JB, Bambang Dwiyanto yang dikutip dari inews, Senin (5/4).

Bambang juga menambahkan OM juga diperkaya dengan infoblast yaitu pengiriman notifikasi pemadaman secara otomatis dan real time pada aplikasi PLN Mobile bila terjadi pemeliharaan dan gangguan, serta pelayanan borderless, dimana jika sebelumnya petugas pelayanan teknik melayani pelanggan sesuai unit kerja masing-masing.

Selain itu, OM juga diintegrasikan dengan layanan Listriqu, layanan pelanggan terkait masalah kelistrikan atau instalasi listrik di rumah pelanggan secara cepat, akurat, dan transparan serta dilaksanakan oleh petugas yang terampil dan tersertifikasi.

Program OM ini diterapan dalam fitur online aplikasi PLN Mobile. Pelanggan dapat melihat progres penyelesaian yang mereka ajukan melalui PLN Mobile, dimulai dari waktu pelaporan, penugasan regu yang akan membantu melayani, sampai dengan proses pengerjaan hingga listrik dapat menyala kembali.