Prosa.ai : AI dalam Healthcare untuk Analisis Data COVID-19


Senior Product Manager Prosa.ai, Rahmi Yuwan

Senior Product Manager Prosa.ai, Rahmi Yuwan

Perkembangan teknologi di zaman ini telah menimbulkan banyak kemajuan maupun perkembangan yang cukup signifikan dan menjadi serba digital.

Salah satu perkembangan yang cukup pesat ialah perkembangan komputer teknologi dari masa ke masa bahwa pada awal mulanya dimulai dengan dibentuknya mainframe lalu berkembang menjadi mini computer, workstation, dan pada tahun 1990 muncul internet web yang banyak menghasilkan Big Data dan mengarahkan pada era Cloud Computing.

"Pada Big Data tersebut tentunya ditemukan cara agar pemrosesannya lebih mudah dilakukan dan lebih efisien bagi device-device mini seperti mobile computing dan IoT wearable," ujar Senior Product Manager Prosa.ai, Rahmi Yuwan dalam paparannya di webinar Big Data & AI: From Insight to Automation, Rabu (20/7/2022).

Selain itu, agar Big Data tersebut tidak sia-sia maka perkembangan komputer teknologi bergerak pada AI yakni dengan memanfaatkan kecerdasan buatan untuk untuk menganalisis historical atau data ter-produce pada era sebelumnya. 

Rahmi menambahkan, dalam menanggapi era AI saat ini ternyata dari pemerintah Indonesia pun merespon positif dengan menerbitkan Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial 2020-2045 dengan memacu beberapa sektor untuk menggunakan produk dengan memanfaatkan teknologi AI di dalam industri tersebut.

"Dalam bidang kesehatan, teknologi AI juga dimanfaatkan untuk membantu analisis COVID-19 yakni data-data yang dikumpulkan dalam satu tempat tertentu seperti data dari pemerintah daerah kemudian diprediksi untuk mendapatkan prediksi hasil insight kondisi COVID-19 di Indonesia," ujar Rahmi.

Rahmi melanjutkan, tidak hanya itu, sosial media juga aktif digunakan oleh masyarakat Indonesia juga bisa dimanfaatkan pemerintah untuk membagikan informasi atau justru sebaliknya tricky untuk menyebarkan hoaks.

Prosa.ai sendiri, peluang ini kita gunakan untuk analisis sosial media monitoring karena mungkin salah satu dari kita juga terdampak dari hoaks COVID-19 yang tengah menyebar di masyarakat untuk membentuk animo negatif tentang COVID-19 maupun pemerintah yang pada realitanya informasi tersebut adalah Hoaks.

"Oleh karena itu, Prosa.ai membentuk Hoax Analyzer untuk memvalidasi apakah berita yang tersebar di sosial media atau di koran online itu adalah hoaks atau bukan," pungkas Rahmi.


Bagikan artikel ini